Usaha Rumahan, Usaha Yang Menjanjikan Dengan Modal Kecil

By | 13 January 2016

Usaha yang dijalankan dengan modal yang kecil disebut juga usah menengah ke bawah (UMK). Usaha menengah ke bawah biasanya dijalani oleh orang-orang dengan modal minim namun memiliki keinginan yang besar untuk memajukan usahanya. Untuk melakukan usaha dengan modal yang kecil tidak semua orang sanggup melakukannya, banyak orang beranggapan bahwa tanpa modal yang besar usaha mereka tidak akan menguntungkan.

usaha rumah menjanjikan dengan modal kecil

Padahal anggapan itu sangat salah, saat ini banyak orang melakukan usaha yang menjanjikan dengan modal kecil. Usaha yang menjanjikan dengan modal kecil sudah banyak terdapat di Indonesia, sebuah surat kabar memberitakan bahwa 60% perekonomian Indonesia ditopang oleh usaha menengah ke bawah. berdasarkan berita tersebut sudah jelas bahwa usaha dengan modal yang sedikit ternyata menjanjikan dan dapat menaikkan taraf perekonomian masyarakat.

 

Usaha yang menjanjikan dengan modal kecil biasanya adalah usaha rumahan atau home industri. Usaha semacam ini mulai banyak digemari masyarakat, terutama kaum ibu. Selain itu usaha yang menjanjikan dengan modal kecil juga bisa berupa usaha yang dijalankan di luar lingkungan rumah misalnya saja membuka kios sembako atau warung makanan.

 

Usaha rumahan banyak dilakukan oleh kaum ibu karena kebanyakan kaum ibu tidak diperbolehkan untuk bekerja di luar rumah, tetapi mereka tetap ingin mendapat penghasilan. Untuk mengakalinya mereka membuat usaha rumahan, yaitu usaha yang operasional usahanya berlokasi di rumah. Dengan menjalankan usaha rumahan tersebut ibu bisa mendapat penghasilan tanpa meninggalkan kewajibannya terhadap keluarga. Pada umumnya usaha rumahan adalah usah kecil yang tidak memerlukan modal yang besar. Di bawah ini beberapa contoh usaha yang menjanjikan dengan modal kecil :

  1. Usaha catering

Untuk anda yang tinggal di daerah perkotaan ada baiknya jika anda mencoba usaha catering. Kesibukan masyarakat perkotaan akan membuat mereka tidak sempat memasak dan cenderung membeli makanan yang sudah matang, ini bisa anda jadikan peluang untuk mendirikan usaha. Selain untuk keseharian, usaha catering juga akan berkesempatan mendapat omset banyak saat ada acara-acara tertentu. Mereka pasti akan memilih memesan masakan ke catering untuk disuguhkan kepada tamu, dibandingkan jika mereka harus memasak sendiri.

  1. Usaha makanan ringan

Di Indonesia makanan ringan sangat beragam macamnya, mulai dari makanan ringan yang basah sampai yang kering. Dari berbagai macam jenis makanan ringan anda bisa memilih salah satu jenis makanan ringan untuk anda produksi dan pasarkan. Usaha yang menjanjikan dengan modal kecil sangat cocok diterapkan jika anda membuka usaha pembuatan makanan ringan, karena selain memerlukan modal yang kecil makanan ringan juga sangat digemari oleh masyarakat, jadi peluang untuk laku pun sangat besar, lagi pula proses pemasarannya akan lebih mudah dibanding dengan pemasaran pada makanan berat. Pemasaran makanan ringan bisa anda lakukan dengan menitipkannya di warung-warung, menjual ke pasar dan lain sebagainya.

  1. Usaha pembuatan oleh-oleh khas daerah (makanan)

Setiap daerah pastinya memiliki budaya dan adat istiadat yang berbeda. Tak lain dalam bidang kuliner, setiap daerah juga memiliki kuliner khasnya masing-masing. Seperti empek-empek yang berasal dari Palembang, martabak dari Bandung, soto Betawi dari Jakarta dan lain sebagainya. Setiap anda berkunjung ke daerah lain anda pasti ingin membeli makanan khas dari daerah tersebut. Melihat peluang ini anda bisa memulai usaha di bidang kuliner yaitu sebagai pembuat makanan khas dari daerah anda. Selain menjanjikan, pembuatan makanan khas juga memakan modal yang tidak terlalu banyak karena bahan baku pembuatan makanan yang berasal dari daerah anda sendiri. Untuk pemasarannya anda bisa menitipkan pada toko oleh-oleh atau menawarkan produk ditempat wisata yang berada didaerah anda.

  1. Usaha pembuatan oleh-oleh khas (kerajinan)

Selain makanan setiap daerah juga memiliki kerajinan yang khas dari daerahnya masing-masing. Kerajinan khas setiap daerah biasanya terbentuk karena keadaan sosial daerah tersebut, selain itu bisa juga terbentuk karena bahan baku kerajinan yang hanya terdapat di daerah tersebut. Tidak kalah menjanjikannya usaha kerajinan khas ini dengan usaha makanan khas, karena keduanya sama-sama memiliki daya tarik yang kuat untuk membuat orang membeli oleh-oleh khas tersebut.

Beberapa contoh usaha rumahan di atas merupakan usaha yang menjanjikan dengan modal kecil. Anda bisa mencobanya dan memperoleh pendapatan sesuai dengan harapan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *