Tips Menjaga Dapur Minimalis Tetap Rapi dan Bersih

By | 21 August 2017

Dapur merupakan salah satu bagian rumah di mana biasanya seorang ibu memasak makanan untuk anggota keluarga lainnya. Di dapur banyak sekali perabotan memasak yang dimiliki seorang ibu seperti panci, penggorengan, sendok, garpu, rak piring, rak gantung, kulkas dan wastafel. Bagi Anda pemilik dapur minimalis, Anda harus bisa menjaga dapur minimalis Anda supaya tetap rapi dan bersih. Berikut ini ada beberapa tips agar dapur bersih minimalis bisa Anda miliki.

Merawat Kebersihan Perabotan Dapur

Jangan lupa untuk segera mencuci perabotan dapur setelah selesai digunakan. Misalnya mencuci mesin blender setelah Anda selesai menggunakannya. Peralatan yang tidak dicuci dapat menjadi sarang bakteri yang akan menyebabkan penyakit. Wastafel juga harus dibersihkan dari minyak dan sisa makanan setelah Anda selesai mencuci perabotan dapur. Cucilah perabotan menggunakan sabun pencuci piring yang mengandung format anti bakteri. Sebaiknya anda juga mengganti busa cuci piring secara berkala.

Merawat Kebersihan Dinding dan Lantai Dapur

Bersihkan juga dinding dan lantai dapur Anda jika terkena noda minyak, asap kompor ataupun bumbu. Kotoran yang menumpuk pada dinding dan lantai dapur akan semakin menumpuk dan sulit dibersihkan jika Anda tidak rajin membersihkannya. Untuk bagian lantai, pastikan Anda membersihkan sampai ke bagian yang sulit dijangkau misalnya di bagian pojok.

Tata Perabotan di Dapur

Penataan perabotan yang baik di dapur akan menyebabkan ruangan dapur Anda terlihat rapi dan bersih. Masukkan perabotan ke dalam lemari ataupun rak gantung. Singkirkan perabotan yang sudah tidak Anda gunakan lagi. Jangan memaksakan membeli perabotan yang kurang bermanfaat untuk dapur minimalis Anda.

Kembalikan perabotan dapur ke tempat semula

Setelah anda selesai memasak, yuk rapikan perabotan dan letakkan di tempatnya semula. Hal ini akan menjadikan dapur Anda tidak berantakan. Dapur yang rapi dapat meningkatkan mood memasak.

Pencahayaan

Pencahayaan dapur yang terang membuat dapur nyaman digunakan untuk beraktivitas. Aktivitas memasak membutuhkan cahaya yang terang. Pilihlah lampu berwarna putih supaya penglihatan saat memasak menjadi lebih fokus.

Gunakan Perabotan Serba Guna

Belilah perabotan serba guna untuk dapur Anda. Misalnya laci penyimpanan yang dapat menampung banyak perabotan sekaligus sehingga lebih menghemat penggunaan space dapur Anda.

 

Itulah beberapa tips agar dapur minimalis anda terlihat rapi dan bersih. Silakan Anda praktekkan di dapur Anda masing-masing. Dapur bersih dan rapi membuat aktifitas memasak menjadi lebih menyenangkan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *