Tips Mencuci Baju dengan Mesin Cuci

By | 25 August 2016

Mencuci baju merupakan salah satu pekerjaan yang sering dilakukan oleh ibu rumah tangga. Sebelum adanya mesin cuci, pekerjaan ini dilakukan menggunakan tangan sehingga cukup melelahkan. Dengan adanya mesin cuci, pekerjaan ini menjadi lebih ringan. Ada beberapa tips mencuci baju dengan mesin cuci yang saya dapatkan dari beberapa sumber, diantaranya ada di bawah ini

mencuci dengan mesin cuci

  1. sesuaikan jumlah pakaian yang dicuci dengan kapasitas mesin cuci
    Setiap mesin cuci memiliki kapasitas berbeda-beda. Misalnya ada yang kapasitasnya 6kg dan 7,5kg. Mencuci pakaian melebihi kapasitas mesin cuci akan membuat mesin cuci Anda cepat rusak. Selain itu, cucian Anda menjadi kurang bersih karena perputaran air dan pakaian di dalam mesin cuci menjadi tidak maksimal.
  2. Pisahkan cucian sesuai jenisnya
    Setiap bahan pakaian memiliki aturan cara mencuci yang berbeda, termasuk dalam hal penggunaan deterjen. Misalnya jangan gabungkan seprei dan pakaian biasa saat mencuci. Pisahkan juga pakaian yang mudah luntur agar tidak merusak warna pakaian lainnya.
  3. Pastikan tidak ada benda apapun di dalam kantong pakaian
    Benda yang ada di dalam kantong pakaian bisa menimbulkan masalah pada cucian Anda, bahkan pada mesin cuci Anda. Misalnya tisu yang tertinggal di kantong akan hancur di dalam mesin cuci dan serpihannya melekat di cucian lain. Uang logam yang masuk ke dalam mesin cuci bisa membuat mesin cuci rusak
  4. Gunakan sabun deterjen yang sesuai
    Saat ini tersedia sabun deterjen yang khusus digunakan untuk mesin cuci tipe tertentu. Penggunaan sabun deterjen yang sesuai menyebabkan cucian Anda bersih maksimal dan mesin cuci lebih awet. Misalnya saja ada Rinso Matic Front Load cocok digunakaan untuk mesin cuci bukaan depan dan Rinso Matic Top Load untuk mesin cuci bukaan atas. Kedua jenis deterjen ini memiliki formula sendiri yang sudah
  5. Keluarkan cucian setelah selesai mencuci
    Setelah selesai mencuci jangan lupa untuk langsung mengeluarkan pakaian Anda dari dalam mesin cuci kemudian dijemur. Pakaian yang tidak dikeluarkan akan menjadi apek. Kalo sudah begini Anda harus mencuci ulang.
  6. Baca buku petunjuk pengoperasian mesin cuci
    Setiap alat elektronik yang baru Anda beli pasti dilengkapi dengan buku petunjuk penggunaan. Jika Anda masih bingung bagaimana menggunakan mesin cuci Anda, silakan baca buku petunjuk penggunaannya. Apalagi saat ini ada beberapa model mesin cuci yang baru.

Itulah beberapa tips mencuci baju dengan mesin cuci yang bisa saya bagikan untuk Anda. Semoga informasi ini berguna untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *