Tips Memulai Bisnis Bagi Pemula

By | 31 January 2017

Menjadi pengusaha atau menjadi karyawan adalah pilihan. Masing-masing pilihan memiliki konsekuensinya. Tidak ada pilihan yang benar-benar enak, semuanya pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Sebagian orang memilih menjadi karyawan karena pendapatan yang sudah pasti tiap bulannya. Sementara sebagian lagi memilih menjadi pengusaha karena bisa mengatur waktu dengan bebas dan memiliki waktu yang lebih banyak dengan keluarga tersayang. Ada juga yang menjadi pengusaha karena tidak tahan dengan bos di kantornya dulu yang suka marah-marah.

Bagi Anda yang baru akan memulai bisnis, biasanya bingung harus memulai bisnis dari mana. Inilah beberapa tips memulai bisnis untuk pemula

  1. Mulailah dari bisnis dengan modal yang minim
    Sebagian orang takut berbisnis karena mereka berpikiran bahwa bisnis itu butuh modal besar. Padahal tidak semua bisnis butuh modal besar. Misalnya saja Anda bisa menjadi reseller produk orang lain. Anda promosikan dahulu produk tersebut kepada customer Anda, nah jika ada customer yang beli baru Anda beli produk tersebut dari supplier Anda.  Anda bisa mencoba bisnis secara online sehingga Anda tidak perlu menyewa ruko/kios.
  2. Baca kisah inspiratif pebisnis sukses
    Sering-seringlah membaca cerita inspiratif dari pebisnis lain yang sudah sukses. Saya biasa membaca biografi Bob Sadino dan juga membaca buku Ippho Santosa. Dengan membaca cerita ispiratif akan membuat Anda termotivasi untuk memulai bisnis.
  3. Mulailah bisnis dari hobi atau skill yang sudah dimiliki
    Misalnya Anda ahli dalam memasak nasi goreng, maka Anda bisa membuka bisnis nasi goreng.  Anda yang memiliki keahlian membuat website bisa membuka jasa pembuatan website.
  4. Online kan bisnis Anda
    Jaman sekarang Anda wajib mengonlinekan bisnis Anda dengan cara membuat social media, misalnya instagram maupun facebook. Jika produk Anda berupa barang yang bisa dikirim ke tempat lain, Anda bisa membuka toko di marketplace. Jika produk Anda berupa makanan, Anda bisa mendaftarkan toko Anda pada aplikasi ojek online. Dengan memanfaatkan internet, Anda berpeluang untuk mendapatkan customer dari seluruh Indonesia bahkan seluruh dunia.

Saat Anda akan memulai bisnis, pasti ada saja orang yang pesimis akan keberhasilan Anda. Orang lain boleh ragu terhadap Anda, tapi Anda harus yakin. Orang lain boleh mengejek apa yang Anda lakukan saat memulai bisnis, tapi Anda harus tersenyum. Tunjukkan saja buktinya kepada mereka bahwa Anda bisa mendapatkan kesuksesan dari berbisnis.

Perlu Anda ingat juga bahwa keberhasilan dalam berbisnis tidak bisa didapatkan secara instan. Mereka yang saat ini sudah sukses dari bisnisnya pernah mengalami kegagalan. Pengusaha sukses itu jatuh 10 kali dan bangkit 11 kali. Tetap semangat ya…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *