Tips Dalam Menggunakan Deterjen Ramah Lingkungan

By | 4 January 2017

Mencuci pakaian merupakan pekerjaan rutin yang dilakukan oleh manusia, khususnya seorang wanita. Dalam mencuci pakaian kita juga harus memperhatikan lingkungan, misalnya dalam penggunaan air secukupnya dan juga gunakan deterjen ramah lingkungan. Selain itu Anda juga bisa memperhatikan lingkungan dengan cara memilih mesin cuci yang hemat energi.

Untuk menghemat penggunaan air saat mencuci, Anda bisa memilih mesin cuci yang hemat air. Dalam satu tahun, rata-rata satu keluarga bisa mencuci 400 kali. Air yang digunakan bisa mencapai 150 liter untuk setiap pencucian jika Anda memakai mesin cuci bukaan atas. Bayangkan berapa liter air yang Anda gunakan hanya untuk mencuci dalam setahun.  Teknologi mesin cuci semakin berkembang sehingga saat ini di pasaran sudah ada mesin cuci yang bisa menghemat penggunaan air. Dari yang sebelumnya butuh 22 liter untuk setiap kilogram cucian, sekarang hanya butuh 5,5 liter saya setiap kilogram cucian. Sangat menghemat air bukan?

Hal lain yang diperhatikan saat mencuci adalah penggunaan deterjen. Pastikan deterjen yang Anda gunakan ramah terhadap lingkungan. Saat ini di pasaran sudah beredar banyak merek deterjen yang bisa Anda pilih, tapi pilihlah deterjen yang tidak merusak lingkungan. Penggunaan deterjen berlebihan dapat memberikan efek negatif terhadap lingkungan. Gunakan deterjen sesuai dengan takaran yang ditentukan di kemasan deterjen. Penggunaan deterjen yang ramah lingkungan harus diimbangi dengan kesesuaian takaran penggunaannya.

Rinso merupakan deterjen ramah lingkungan yang sudah lama digunakan oleh para ibu sejak beberapa tahun lalu, termasuk ibu saya dan istri saya.  Bahkan ibu saya sudah menggunakannya sejak saya masih kecil. Rinso  terbuat dari bahan yang murah terurai secara alamiah dan tidak menggunakan bahan kimia yang berbahaya bagi lingkungan hidup. Rinso dirancang untuk membantu dalam pelestarian sumber daya air serta habitat liar.

Rinso juga lembut di tangan sehingga juga cocok digunakan bagi Anda yang mencuci menggunakan tangan. Deterjen yang ramah lingkungan tidak akan terasa panas di tangan Anda. Jadi, untuk memastikan apakah deterjen Anda ramah terhadap lingkungan, Anda bisa melakukan percobaan ke tangan Anda. Deterjen yang terasa panas di tangan pasti mengandung bahan berbahaya. Saat ini rinso memiliki 2 jenis yaitu jenis bubuk dan jenis cair. Kedua jenis ini  sama-sama memperhatikan penggunaan air yang tepat saat mencuci. Dari 2 jenis ini, istri saya lebih suka menggunakan yang jenis bubuk. Sudahkah Anda menggunakan rinso untuk mencuci pakaian di rumah?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *