Sudah Mati-matian Diet Tapi Selalu Gagal! Mungkin Ini Penyebabnya

By | 2 December 2017

Untuk menurunkan berat badan memang tidaklah mudah. Selain harus ekstra disiplin, kamu juga perlu memperhitungkan jumlah konsumsi kalorimu setiap hari. Sering terjadi banyak orang yang melakukan diet hingga susah payah namun tak kunjung mendapatkan hasil sehingga program dietnya hanya menyebabkan stress. Kegagalan diet adalah hal yang lumrah, namun meskipun dietmu belum menghasilkan bukan berarti kamu tidak bisa mendapatkan tubuh langsing karena bisa jadi kegagalan diet dipicu oleh aktifitasmu yang kurang tepat. Untuk itu sebaiknya sebelum menjalani program diet, atur kembali berbagai jadwal keseharia mu agar diet bisa berjalan secara teratur.

Langkah pertama yang dapat kamu lakukan adalah berkonsultasi dahulu kepada ahlinya. Tanyakan apakah program diet yang kamu jalani sudah sesuai dengan kondisi tubuh atau justru hanya menimbulkan efek samping. Hal ini sangat penting mengingat setiap orang memiliki kondisi tubuh yang berbeda – beda. Bahkan ada pula diet yang dibedakan dari golongan darah. Nah, untuk meminimalisir kegagalan dalam program diet cobalah ikuti berbagai hal berikut ini. Bisa jadi ini penyebabnya.

 

Kurangnya Vitamin D

Apakah asupan vitamin D kamu sudah cukup? Dalam program diet, jenis vitamin ini benar – benar dibutuhkan karena berperan untuk mengurangi lemak pada tubuh. Salah satu sumber vitamin D yang bisa kamu dapatkan adalah sinar matahari pagi. Mungkin kamu pernah mendengar bahwa olahraga dibawah terik matahari pagi baik untuk menyegarkan kulit dan bagus untuk kesehatan.

 

Alasan lainnya berolahraga pagi adalah untuk membantu menurunkan kadar lemak yang bersarang pada tubuh. Terkadang banyak orang yang menganggap olahraga sore dan malam jauh lebih baik dalam urusan menurunkan berat badan ketimbang olahraga di pagi hari. Hal ini tentu saja tidak ada kaitannya dengan waktu. Semua olahraga bisa dilakukan kapan pun kamu mau asalkan tidak berlebihan sehingga kondisi tubuh tetap terjaga staminanya. Buat kamu yang masih gagal diet bisa jadi olahraga pagi mu masih kurang maksimal.

 

Selain mengandalkan sinar matahari di pagi hari dengan berolahraga kamu juga bisa mendapatkan vitamin D dari beragam makanan seperti minyak ikan salmon, ikan tuna, susu rendah kalori, sereal dan telur. Cobalah memadukan menu diet mu dengan beragam makanan tersebut agar diet mu tidak gagal kembali.

 

Komposisi Makanan yang Tidak Sesuai

Semua makanan tentu memiliki nilai kalori yang berbeda beda dan makanan dengan tinggi serat adalah jenis makanan yang paling baik dikonsumsi agar dapat menurunkan berat badan. Sudahkah hal ini kamu perhatikan setiap hari? Ingat kelebihan kalori pada tubuh adalah faktor utama kenaikan berat badan karena kalori dapat menumpuk dan menjadi lemak pada tubuh.

 

Berbicara soal kalori apakah asupan mu sudah tepat? Kalori yang baik bisa kamu dapatkan dari jenis – jenis makanan yang juga mengandung serat tinggi, seperti ubi-ubian, beras merah, kacang-kacangan, serta daging ikan. Beragam jenis makanan ini tidak hanya mengandung kalori tetapi juga memiliki serat yang dalam membantu menurunkan berat badan.

 

Meninggalkan Sarapan

Penyebab lain yang tidak kalah berpengaruh dalam kegagalan diet adalah seringnya meninggalkan sarapan. Umumnya banyak orang menganggap dengan meninggalkan sarapan tubuh akan mudah kurus. Hal ini justru keliru karena aktifitasmu yang padat tentu saja membutuhkan energi. Sarapan dapat menambah stamina untuk menunjang segala kegiatanmu. Selain itu, sarapan dapat menghindarkan mu dari godaan makan banyak di siang hari. Dengan kata lain, jangan tinggalkan sarapan jika dietmu ingin sukses. Agar bisa mendapatkan tubuh langsing maksimal sebaiknya atur menu sarapanmu dengan sajian yang lebih bergizi.

 

Masih banyak berbagai hal yang bisa menyebabkan dietmu selalu gagal, namun ketiga faktor diatas sudah cukup membantu jika kamu bisa memaksimalkannya. Diluar program diet cobalah melatih diri untuk menjaga pola hidup sehat karena kebiasaan hidup juga bisa membantu menurunkan berat badan. Selamat mencoba diet kembali!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *