Solusi Alergi Anak terhadap Kacang

By | 1 February 2017

Alergi makanan adalah salah satu jenis alergi yang disebabkan karena allergen yang berbentuk makanan yang masuk ke dalam tubuh. Allergen tersebut dianggap berbahaya oleh sel imun sehingga menimbulkan reaksi tertentu misalnya muncul bintik merah dan terasa gatal. Banyak jenis makanan yang menjadi pemicu reaksi alergi dan salah satunya adalah kacang tanah. Ini solusi alergi anak yang dapat Anda lakukan segera adalah dengan mencegah anak untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung protein tersebut agar reaksi alergi yang ditimbulkan tidak semakin parah.

Anda tetap harus membawa anak Anda langsung ke dokter sehingga dapat diberikan penanganan yang tepat sesuai dengan alergi yang terjadi atau yang timbul setelah mengkonsumsi makanan tersebut. Sebaiknya, saat sedang memeriksakan atau mengecek keadaan anak karena reaksi alergi yang timbul, Anda juga melakukan serangkaian tes alergi kepada anak Anda yang berfungsi untuk antisipasi jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

 

Setelah dokter melakukan pemeriksaan, terdapat beberapa perawatan yang mungkin akan diberikan oleh dokter alergi anak pilihan untuk anak Anda agar reaksi alergi yang ditimbulkan cepat reda dan sembuh, yaitu:

 

  • Di suntik untuk membantu melawan reaksi secepat mungkin dan untuk mengimbangi serta mengontrol reaksi yang muncul. Jenis pengobatan ini diberikan jika reaksi yang ditimbulkan termasuk alergi yang parah.
  • Secara oral untuk alergi yang tidak terlalu parah. Jenis obat yang sering diberikan yaitu antihistamine untuk menenangkan atau meredakan reaksi alergi seperti gatal.
  • Steroid untuk menunda adanya gejala yang timbul setelah mengkonsumsi allergen tersebut.

 

Solusi alergi anak yang disebabkan karena kacang, adalah Anda harus menghindari segala jenis bentuk makanan yang mengandung kacang termasuk susu ataupun krim ataupun snack. Agar anak tetap mendapatkan asupan protein Anda dapat memberikan susu yang bukan terbuat dari kacang-kacangan seperti soya namun dapat diberikan jenis sufor yang lain, misalnya SGM Eksplor Buah dan Sayur yang cocok juga diberikan untuk anak yang tidak suka buah ataupun sayur. Dengan sari buah dan sayur serta kandungan Presinutri+, SGM Eksplor Buah dan Sayur ini dapat membantu untuk mengoptimalkan pertumbuhan tubuh dan otak anak agar dapat mengeksplorasi lingkungan yang ada di sekitarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *