Perkembangan Janin Trimester Pertama

By | 19 November 2016

Kehamilan merupakan hal yang sangat dinantikan oleh pasangan suami istri. Apalagi jika kehamilan ini adalah untuk petama kalinya. Biasanya calon ibu muda merasa was-was saat kehamilan pertama. Kehamilan terjadi selama kurang lebih 9 bulan 10 hari. Pada awal kehamilan, kondisi janin sangat sensitif sehingga pada minggu-minggu awal ibu yang hamil harus ekstra hati-hari karena rawan terjadi keguguran pada janin.

Perkembangan janin dibagi menjadi 3, yaitu trimester pertama (0-3 bulan), trimester kedua (4-6 bulan) dan trimester ketiga (7-9 bulan). Masing-masing trimester memiliki waktu sekitar 3 bulan. Pada trimester pertama ibu hamil akan mengalami rasa mual, morning sickness dan muntah. Berikut ini adalah perkembangan janin  trimester pertama dalam kandungan.

ibu-hamil

Bulan pertama

Di bulan pertama inilah terjadi pembuahan, yaitu ketika sperma dan sel telur bertemu di salah satu tuba fallopi. Pertemuan keduanya membentuk badan bersel satu yang disebut sebagai zigot. Setelah mengalami pembuahan, zigot akan berjalan menuju ke dalam rahim. Pada masa ini  juga plasenta terbentuk yang berfungsi sebagai penyalur nutrisi dari ibu ke bayi. Di bulan pertama terkadang seorang ibu belum mengetahui bahwa dirinya sedang hamil.

Bulan kedua

Pada minggu kelima, ibu mulai menyadari bahwa menstruasi terlambat. Untuk mengetahui apakah ibu hamil atau tidak bisa gunakan testpact yang bisa didapatkan di apotik terdekat. Jika hasilnya positif, ibu bisa menemui dokter kandungan untuk pemeriksaan lebih lanjut dan konsultasi kehamilan.

Pada bulan kedua, embrio mulai terbentuk. Pembentukan otak, jantung dan sumsum tulang belakang sudah sempurna. Perlahan-lahan organ tubuh lain mulai terbentuk seperti telinga, lengan, kaki, jari dan mata. Saluran pencernaan seperti paru-paru, usus,  juga mulai terbentuk. Pada masa ini embrio sudah mulai bergerak, tapi belum bisa dirasakan oleh ibu karena gerakannya masih sedikit. Pada akhir bulan kedua panjang bayi berkisar 2,5 cm.

Bulan ketiga

Pada bulan ketiga kehamilan, bayi mulai terbentuk utuh dan sempurna. Bayi Anda sudah memiliki tangan, kaki dan jari-jari. Janin sudah bisa membuka genggaman tangan dan juga membuka mulutnya. Di bulan ketiga, janin sudah menjadi lebih kuat dan resiko keguguran semakin berkurang. Sampai bulan ketiga ukuran janin sekitar 7-10 cm dengan berat sekitar 1 ons.

 

Itulah perkembangan janin di dalam kandungan selama trimester pertama. Pada masa ini seorang ibu hamil harus berhati-hati menjaga kandungannya agar tidak mengalami keguguran dengan cara makan-makanan bergizi, cukup istirahat dan tidak bekerja terlalu berat.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *