Pengalaman Mengirim Paket ke Luar Negeri Menggunakan EMS Pos Indonesia

By | 20 September 2014

Mengirim paket ke luar negeri sebenarnya tidaklah sulit. Alhamdulillah dari toko jilbab online yang dimiliki istri saya, sudah beberapa kali mengirim barang ke luar negeri. Negara yang sering menjadi tujuan pengiriman barang adalah Singapura. Awalnya ada seorang customer yang menanyakan apakah bisa mengirim paket ke luar negeri. Saya pun cari tahu bisa atau tidak ya mengirim paket ke luar negeri. Saya cek beberapa ekspedisi yang bisa mengirim barang ke Singapura. Pilihan jatuh kepada JNE dan Pos Indonesia karena kebetulan keduanya yang paling deket rumah. Begitu saya cek tarif pengiriman, saya lebih memilih EMS Pos Indonesia.

Logo-POS-INDONESIA

Untuk mengetahui ongkos kirim sangatlah mudah, Anda bisa mengetahuinya di sini. Setelah mendapatkan ongkos kirim, saya memberitahukan kepada pembeli. Setelah harga barang dan ongkos kirim disepakati, pembeli melakukan pembayaran menggunakan western union. Keesokan harinya barang saya kirim ke pos.

Di kantor pos, petugas akan menimbang berat paket dan memberitahukan ongkos kirimnya berapa. Sementara petugas menginput data di komputer, saya mengisi form EMS. Di dalam form itu berisi nama penerima, nama pengirim, alamat penerima dan alamat penerima. Oiya Anda juga harus menyertakan harga paket dan isinya.

Berdasarkan pengalaman pengiriman paling cepat ke Singapura 4 hari dan paling lambat 8 hari. Itulah pengalaman saya mengirim barang ke luar negeri. Kapan-kapan pengen cari ekspedisi yang lebih murah lagi, tapi mau pickup barang ke rumah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *