Murahnya Harga Tiket Kereta Api Jakarta ke Jogjakarta

By | 27 December 2018

Jogjakarta merupakan sebuah kota yang memiliki banyak tempat wisata. Tidak heran tempat ini selalu menjadi favorit untuk liburan. Saya sekeluarga pun memutuskan untuk berlibur ke kota ini menggunakan kereta api. Dari Jakarta kita bisa memulai perjalanan dari stasiun pasar senen ataupun stasiun Gambir. Di Jogja kita bisa turun di stasiun Yogyakarta (stasiun tugu).

Kami pun memilih kereta dari Stasiun Pasar Senen ke Stasiun Lempuyangan. Awalnya kami berencana untuk pergi tanggal 22 Desember. Tiket kereta api bisa dibeli mulai 90 hari sebelum keberangkatan. Karena takut kehabisan tiket, saya dan istri pun begadang 90 hari sebelumnya. Usaha saya dan istri pun sia-sia, tiket cepat sekali habis terjual. Kami gagal mendapatkan tiket untuk tanggal 22 Desember. Mungkin karena banyak orang yang juga ingin pergi ke Jogjakarta pada tanggal tersebut.

Akhirnya kami mencoba mencari tiket di tanggal sebelumnya dan dapatlah tiket untuk tanggal 20 Desember. Kami membeli tiket untuk 4 orang. Ada beberapa kereta api dari stasiun Pasar Senin ke Stasiun Lempuyangan, yaitu Bengawan, Gaya Baru Malam Selatan, Progo, Bogowonto Mataram Premium, Gajah Wong, Jaka Tingkir dan Singasari. Harga tiketnya berbeda-beda tergantung kelas ekonomi atau executive. Harga termurah mulai 74.000 dan yang paling mahal mencapai 300ribuan. Kami pun memilih kereta ekonomi Gaya Baru Malam Selatan dengan tiket seharga Rp 98.000/orang.

naik kereta gaya baru malam selatan

naik kereta gaya baru malam selatan

Jadwal Perjalanan Kami Menggunakan Kereta Gaya Baru Malam Selatan

Untuk keberangkatannya :

Berangkat dari Pasar Senen jam 10.15 dan sampai di Lempuyangan jam 19.14. Perjalanan sekitar 8 jam 59 menit. Kereta telat beberapa menit saja sampai di Lempuyangan

Untuk kepulangannya :

Berangkat dari Lempuyangan jam 17.08 dan sampai di Pasar Senen jam 01.55. Perjalanan sekitar 8 jam 47 menit. Kereta telat sampai 1 jam di Pasar Senen

Keterlambatan terjadi karena kereta ekonomi biasanya harus ngalah dengan kereta executive.

 

Harga Tiket Jakarta Jogjakarta

berikut ini rincian biaya perjalanan kami untuk 4 orang.

  • Tiket berangkat Pasar Senen – Lempuyangan = 4 x 98.000 = 392.000 (Diskon Traveloka jadi 379.305)
  • Tiket pulang Lempuyangan – Pasar Senen = 4 x 98.000 = 392.000 (Diskon Traveloka jadi 378.807)

Total untuk PP Jakarta Jogjakarta menjadi 758.112. Murah banget kan jika dibandingkan dengan naik pesawat. Naik kereta bisa dijadikan alternatif bagi Anda yang ingin berwisata murah ke Jogjakarta.

Sementara saya share harga tiketnya dulu, nanti saya share lagi pengalaman di stasiun dan di dalam kereta.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *