Metode Pembayaran Untuk Belanja Online

By | 31 May 2016

Belanja online sudah menjadi trend di masyarakat Indonesia saat ini. Saya pun sering belanja online, karena menurut saya lebih hemat waktu dan Ā hemat uang jika dibandingkan dengan belanja di Mall. Selain itu tidak perlu bermacet-macetan dan panas-panasan di jalanan. Hemat waktu karena saya tinggal pilih produk yang diinginkan melalui internet, tidak perlu menghabiskan beberapa jam untuk jalan dari rumah ke mall. Hemat uang karena jika ke Mall pasti ada aja yang mau dibeli, minimal beli makanan dan minuman šŸ˜€

peluang bisnis

Setelah barang yang saya pilih ketemu, selanjutnya saya tinggal bayar. Untuk pembayaran ada beberapa pilihan nih, sudah pernah coba semuanya atau belum? Saya coba jelasin dikit ya beberapa metode pembayaran untuk belanja online.

  1. COD (Cash On Delivery)

Tidak semua toko online menggunakan cara pembayaran Cash On Delivery. Dengan cara ini pembeli bayar saat barang diterima. Bisa dilakukan jika jarak antara si penjual dan si pembeli tidak terlalu jauh, biasanya masih dalam 1 provinsi. Beberapa toko online besar menggunakan cara ini. Jadi pembeli bayar saat kurir toko online mengirim barang ke rumah. Menurut saya cara ini yang paling aman dari penipuan.

  1. Transfer ke Bank

Ini adalah cara yang umum digunakan oleh toko online di Indonesia. Si pembeli transfer sejumlah uang ke rekening si penjual. Bayarnya bisa setoran tunai ke bank, internet banking, sms banking atau lainnya. Yang penting tuh duit masuk ke rekening si penjual. Setelah transfer,Ā  pembeli melakukan konfirmasi sudah transfer ke penjual. Kemudian si penjual baru mengirim barang ke si pembeli. Cara ini lebih praktis, tapi ada beberapa oknum penjual yang menipu pembeli dengan tidak mengirimkan barang setelah pembeli transfer.

  1. Kartu Kredit

Metode ini hanya digunakan oleh toko online besar saja yang sudah bekerjasama dengan penerbit kartu kredit. Biasanya dengan cara ini barang yang dibeli bisa dicicil sampai beberapa kali. Sayangnya cara ini paling tidak amanĀ  untuk belanja online, terutama jika akun toko online kita yang pernah menggunakan kartu kreditĀ  diambil alih oleh orang lain.

  1. Online Payment Gateway

Payment gateway merupakan sebuah sistem yang mengotorisasi proses pembayaran dari pembeli ke penjual. Sistem pembayaran online ini digunakan dalam dunia eCommerce oleh toko online besar dan terpercaya. Dengan menggunakan payment gateway, transaksi pembayaran online menggunakan kartu kredit menjadi lebih aman. Contoh online gateway yaitu paypal, kaspay, doku, ipaymu dan dompetku+

 

Itulah beberapa metode pembayaran online yang bisa digunakan untuk belanja online. Semoga informasi tersebut berguna bagi para pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *