Mengatasi Biang Keringat Pada Anak

By | 4 October 2016

biang-keringat

Biang keringat merupakan salah satu dari bentuk iritasi pada kulit yang biasa dialami oleh anak-anak. Tentu hal tersebut sangat mengganggu kenyamanan dan kesehatan anak. Biang keringat pada anak, bisa muncul akibat cuaca panas dan tubuh yang lembab pada anak. Namun tidak menutup kemungkinan, biang keringat pada anak terjadi saat musim dingin. Karna pada dasarnya pori-pori pada anak belum mampu untuk mengeluarkan keringat dengan baik. Atau kata lain yaitu keringat pada anak tersumbat di pori-pori. Sehingga menyebabkan iritasi biang keringat terjadi pada anak.

Ada tiga jenis biang keringat pada anak dilihat dari perbedaan kelainan yang timbul, yaitu :

  1. Miliaria Kristalina.

Yaitu jenis biang keringat dengan ciri gelembung kecil di permukaan kulit yang berisi cairan jernih seperti keringat yang berada di dalam kulit. Biang keringat seperti ini tidak menimbulkan kulit kemerahan seperti biang keringat pada biasanya.

  1. Miliaria Ruba.

Yaitu jenis biang kerinagat dengan ciri gelembung kecil serta berwarna kemerahan pada bagian tengah lapisan kulit. Biang keringat ini dapat menyebar di bagian tubuh yang sering lembab. Terkadang biang keringat seperti ini berkelompok memenuhi bagian kulit anak. Biang keringat inilah yang biasa terjadi pada anak dan memberikan efek gatal pada kulit dan juga rasa perih saat sedang berkeringat.

  1. Miliaria Profunda

Biang keringat jenis ini terjadi pada bagian dalam lapisan kulit. Biang keringat jenis ini memiliki ciri bintik-bintik putih serta tidak disertai kulit kemerahan, rasa gatal dan sangat jarang ditemukan pada anak.

Untuk mengatasi masalah iritasi biang keringat pada anak, maka sebagai orang tua kita perlu melakukan perawatan yang tepat pada anak. Berikut ini tips untuk mencegah biang keringat pada anak :

  1. Menghindari cuaca panas dan lembab

Perhatikan lingkungan aktifitas anak, beri kesejukan pada ruangan anak anda, terutama di tempat anak banyak menghabiskan waktu bersama anda. Jika anda menggunakan kipas angina atau AC, sebaiknya tidak diarahkan langsung ke tubuh anak.

  1. Perhatikan pakaian anak.

Tidak disarankan memberi pakaian dengan bahan kain sintetis seperti polyster dan nylon. Karena bahan kain seperti ini bersifat menyimpan panas. Kenakanlah pakaian dengan serat alami untuk anak serta tidak terlalu ketat ketika dipakai.

  1. Gunakan sabun kesehatan

Untuk mencegah iritasi biang keringat, gunakanlah sabun kesehatan keluarga. Dan jika sudah terkena iritasi biang keringat, gunakan lotion atau bedak khusus untuk mengatasi biang keringat pada anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *