Manfaat Olahraga Untuk Kesehatan

By | 2 June 2016

Olahraga adalah sebuah aktifitas yang banyak sekali memberikan manfaat untuk kesehatan. Ada berbagai jenis olahraga yang bisa anda lakukan dan hampir semuanya bermanfaat untuk kesehatan anda, terutama pada jenis olahraga yang mengharuskan anda untuk menggerakkan anggota tubuh anda dan berkeringat.

Ada banyak sekali manfaat olahraga untuk kesehatan yang bisa anda dapatkan jika anda melakukannya secara teratur. Melakukan olahraga juga tidak disarankan dengan berlebihan, karena olahraga yang berlebihan juga akan memberikan dampak yang kurang baik pada tubuh anda. Anda hanya perlu melakukan olahraga secukupnya, namun secara teratur. Manfaat yang akan anda dapatkan lebih maksimal.

manfaat olahraga untuk kesehatan

Di bawah ini adalah beberapa manfaat olahraga untuk kesehatan yang bisa anda dapatkan jika anda berolahraga secara teratur.

  • Menjaga kesehatan jantung

Manfaat olahraga untuk kesehatan yang pertama adalah mampu menjaga kesehatan jantung.Jantung merupakan organ paling vital pada tubuh manusia, karena jantung adalah sumber dimana metabolisme kehidupan manusia berjalan. Saat kesehatan jantung terjaga, maka kesehatan yang lainnya juga akan terjaga.

Salah satu cara menjaga kesehatan jantung adalah dengan berolahraga. Dengan berolahraga, jantung anda akan lebih kuat dan sehat. Selain itu juga terhindar dari berbagai hal yang bisa menyebabkan gangguan jantung seperti hipertensi dan obesitas.

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh manusia sangat penting dalam menjaga kesehatan secara keseluruhan.Daya tahan tubuh yang kuat bisa anda dapatkan dengan rajib berolahraga.Apa saja olahraga yang anda sukai, anda bisa melakukannya. Anda tidak perlu melakukan olahraga yang berat, cukup lakukan olahraga ringan secara teratur, maka hasilnya akan lebih baik untuk daya tahan tubuh anda.

  • Mencegah obesitas

Seperti yang anda ketahui, obesitas atau kelebihan berat badan adalah salah satu faktor penyebab munculnya berbagai penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung, kolesterol, diabetes, bahkan stroke.Oleh sebab itu, obesitas sangat perlu untuk dihindari. Salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah dengan berolahraga secara teratur. Karena salah satu manfaat olahraga untuk kesehatan adalah untuk mencegah obesitas.

  • Meningkatkan kemampuan otak

Saat seseorang melakukan olahraga secara teratur, maka pasokan oksigen ke otak akan jauh lebih baik. Dengan demikian akan membantu menjaga kesehatan otak dan juga sekaligus meningkatkan kemampuan otak. Hal ini bisa mencegah berbagai gangguan otak seperti gejala pikun dan lain sebagainya.

  • Mengatasi penuaan dini

Penuaan dini dalam hal ini adalah mencakup segala hal, mulai dari sistem organ tubuh, fungsi organ dan lain sebagainya.Dengan berolahraga secara teratur anda bisa mencegah terjadinya penuaan dini, baik itu secara fungsional atau secara fisiknya.

Demikian adalah sedikit ulasan mengenai manfaat olahraga untuk kesehatan, semoga ulasan di atas bermanfaat untuk anda.Selain untuk kesehatan jasmani, olahraga juga bisa bermanfaat untuk kesehatan rohani anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *