Manfaat Berkumpul Bersama Keluarga

By | 21 June 2016

Pernahkah Anda mendengar lirik lagu berjudul Keluarga Cemara yang juga menjadi OST film keluarga cemara di bawah ini?

Harta yang paling berharga adalah keluarga
Istana yang paling indah adalah keluarga
Puisi yang paling bermakna adalah keluarga
Mutiara tiada tara adalah keluarga

Lirik lagu itu memang benar, keluarga adalah yang paling penting dalam kehidupan kita. Di tengah kesibukan rutinitas orang tua dengan pekerjaannya dan anak-anak dengan sekolahnya , ada baiknya kita menyempatkan diri berkumpul bersama keluarga setiap hari. Misalnya berkumpul saat sarapan atau saat makan malam sambil ditemani macam macam minuman dan makanan di meja makan. Selain di meja makan, kebersamaan bisa dilakukan sambil minum teh atau bermain  di ruang keluarga. Ini adalah saat paling bahagia, karena antara sesama anggota keluarga bisa saling bercerita tentang kesehariannya. Jika Anda punya budget lebih, boleh juga  merencanakan liburan bareng keluarga. Tidak perlu ke tempat yang mahal, yang penting kebersamaan dengan keluarga tetap bisa dilakukan.
 kumpul-keluarga
Berkumpul bersama keluarga memiliki beberapa manfaat, diantaranya :
  1. Menjaga keharmonisan dalam keluarga
    Sering berkumpul bersama keluarga, apalagi setiap hari diyakini dapat menjaga keharmonisan dalam keluarga. Ikatan antar anggota keluarga akan semakin kuat. Dengan sering berkumpul anak-anak merasa diperhatikan oleh orang tuanya.
  2. Meningkatkan komunikasi sesama anggota keluarga
    Tidak ada sesuatu yang menjadi rahasia saat Anda bisa berkumpul bersama keluarga tercinta setiap hari. Setiap kejadian yang Anda alami hari itu, entah itu kejadian baik ataupun kejadian buruk bisa Anda ceritakan ke anggota keluarga lainnya.
  3. Mengurangi stress setelah bekerja seharian
    Orang tua yang bekerja di kantor bisa saja terkena stress karena pekerjaannya yang banyak dan sulit. Tapi setelah bertemu keluarga, rasa stress itu akan hilang. Mereka bisa tersenyum melihat keluarga yang dicintainya. Canda tawa dan senda gurau bersama keluarga bisa mengubah mood yang jelek menjadi bagus kembali, sehingga keesokan hari Anda bisa menjalani hari dengan penuh semangat lagi.
  4. Menumbuhkan rasa percaya diri bagi Anak
    Anak yang merasa diperhatikan oleh orang tua akan memiliki rasa percaya diri dan tinggi. Selain itu juga mencegah anak dari pergaulan yang tidak sehat bersama teman-teman. Dengan berkumpul bersama keluarga, orang tua lebih mudah mengontrol anak-anak dibandingkan jika anak-anak berkumpul bersama teman-temannya.

Itulah beberapa manfaat yang bisa diperoleh saat berkumpul bersama keluarga. Yang perlu dihindari saat kumpul bersama keluarga adalah keasyikan dengan kesibukan masing-masing. Oleh karena itu saat berkumpul sebaiknya semua anggota keluarga tidak memegang handphone. Percuma saja berkumpul tapi memiliki aktifitas masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *