Kenali Dan Waspadai Ciri-Ciri Penipuan Asuransi Ini

By | 9 September 2017

Mendengar kata asuransi, mungkin yang terlintas di benak anda adalah sebuah kesepakatan yang akan menjanjikan anda di hari tua nanti. Memang benar, tujuan utama asuransi sebenarnya untuk antisipasi apabila terjadi sebuah kemungkinan buruk dalam hidup anda, baik kesehatan yang terganggu (biaya berobat), kerugian usaha, hingga kematian yang nantinya uang asuransi akan diberikan pada pihak keluarga.

Namun kenyataannya, saat ini banyak sekali beredar produk asuransi yang ternyta merupakan sebuah penipuan. Disini mereka sering kali menjanjikan produk asuransi yang tidak masuk akal dan berlebihan.

Oleh karena itu, sebagai orang yang bijak dan teliti, anda harus benar-benar cermat dalam memilih produk asuransi. Jangan sampai hanya karena tergiur dengan kelebihan yang tak masuk akal anda menjadi korban penipuan tersebut.

Nah berikut ini beberapa ciri produk asuransi yang kemungkinan adalah modus penipuan.

  1. Keuntungan tidak wajar

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, salah satu ciri utama dari penipuan asuransi adalah keuntungan yang tidak masuk akal atau tidak wajar. Biasanya penjual produk asuransi akan menawarkan produk dengan keuntungan begitu tinggi hanya dibanding dengan biaya asuransi yang harus anda bayarkan.

  1. Penawaran lewat internet

Meskipun tidak semua penawaran asuransi yang dilakukan melalui media internet adalah penipuan, namun penawaran yang dilakukan melalui internet ini jauh lebih berpotensi pada modus penipuan.

Pasalnya, sering kali produk dan lembaga yang menawarkan tidak memberi info lengkap perusahaan dan prosedur pengelolaan uang asuransi anda. selain itu domisili perusahaan pun berjauhan dengan domisili konsumen, sehingga antara keduanya tak bisa melakukan interaksi fisik.

  1. Berantai

Saat ini begitu banyak produk asuransi yang menawarkan jasa member get member. Ya, jasa yang dilakukan dengan prinsip berantai ini memungkinkan pengguna asuransi jauh lebih banyak.

Namun, dari itu semua kejelasan produk dan perusahaan pembuat produk pun semakin tidak jelas pula. Oleh karena itu, akan jauh lebih baik jika anda memilih produk asuransi yang ditawarkan langsung oleh lembaga utamanya.

  1. Diinvestasikan ke luar negeri

Mungkin jika anda mendengar bahwa dana yang anda setorkan akan diinvestasikan ke proyek luar negeri, anda akan beranggapan jika perusahaan ini begitu maju karena sudah berhasil menjalin kerja sama dengan perusahaan luar negeri.

Akan tetapi, justru hal inilah yang perlu anda waspadai. Sebab dengan alasan tersebut, modus penipuan seperti dana tidak akan kembali akan sangat mudah terlontar oleh pihak perusahaan. Dan disini yang disalahkan adalah pihak penerima investasi yang sebenarnya tidak ada.

  1. Bonus mewah

Selain keuntungan yang begitu banyak, sering kali penawaran dan iming-iming bonus mewah menjadi andalan para pebisnis asuransi. Dimana dengan iming-iming ini mereka mengharapkan para korban akan mudah tergiur demi mendapatkan bonus yang sama.

Padahal jika dicermati lebih dalam, bonus mewah seperti sepeda motor, mobil, tur luar negeri bahkan rumah hanya bisa didapatkan oleh mereka yang sudah benar-benar sukses dalam bisnis ini dan dengan waktu yang tidak sebentar.

Jika anda mendapati ciri-ciri di atas pada perusahaan atau agen asuransi yang menawarkan produknya pada anda, waspadalah dan jangan sampai anda mudah tergiur begitu saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *