Inilah Manfaat Silver Pada Kehidupan Sehari-Hari

By | 15 December 2017

Silver atau yang biasa disebut juga perak pada dasarnya digunakan sebagai perhiasan. Dalam bahasa latin, perak disebut sebagai Argentum dan diberikan simbol Ag. Mirip seperti emas, silver tidak mengalami proses korosi sehingga disebut juga sebagai logam mulia. Jika Anda ke mall, ada saja toko yang menjual perhiasan yang terbuat dari silver/perak.

Manfaat silver pada kehidupan manusia sehari-hari bukan hanya sebagai perhiasan saja, tapi juga memiliki manfaat lain yang tidak kalah populer. Apa saja kah manfaat silver tersebut? Berikut ini adalah manfaat perak :

  1. Sebagai perhiasan
    Seperti yang sudah disebutkan di atas, fungsi silver yang paling dikenal adalah sebagai perhiasan wanita. Di Indonesia ada sebuah wilayah yang terkenal karena perhiasan peraknya yaitu di Kotagede, Yogyakarta. Di kota ini Anda dapat melihat aneka perhiasan dan kerajinan tangan yang terbuat dari perak.
  2. Sebagai ornament penghias rumah
    Ornament rumah yang terbuat dari perak membuat rumah Anda semakin cantik. Tentu saja ornament perak lebih mahal dibandingkan ornament kayu.
  3. Sebagai bahan peralatan makan
    Peralatan makan seperti sendok, garpu dan pisau banyak yang menggunakan campuran silver. Peralatan makan yang dibuat dari silver memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan peralatan makan dari stainless steel.
  4. Sebagai penghantar listrik
    Silver memiliki sifat konduktor yang artinya dapat menghantarkan listrik. Silver bisa digunakan untuk menggantikan tembaga yang selama ini digunakan sebagai kawat listrik
  5. Investasi
    Selain emas, perak juga bisa digunakan untuk investasi. Harganya yang stabil membuat orang melirik perak untuk investasi. Walapun harga perak lebih rendah dibandingkan emas, perak masih menjadi pilihan masyarakat untuk investasi.
  6. Sebagai bahan membuat medali
    Biasanya pada perlombaan, juara pertama mendapatkan medali emas, juara kedua medali perak dan juara ketiga medali perunggu.
  7. Sebagai bahan membuat uang koin
    Perak juga bisa digunakan untuk membuat uang koin. Akan tetapi saat ini sangat jarang ditemukan uang koin yang terbuat dari perak, dikarenakan ongkos produksi uang koin perak tersebut tinggi.
  8. Sebagai antibakteri
    zaman dahulu perak digunakan oleh masyarakat Romawi dan Yunani untuk mencegah pembusukan makanan. Dengan adanya perak, bakteri hilang sehingga makanan tidak membusuk.

 

Saat ini penggunaan perak juga sudah merambah ke dunia kesehatan. Karena memiliki sifat antibakteri, banyak peralatan kesehatan yang menggunakan perak untuk mencegah pertumbuhan bakteri.

Misalnya saja penggunaan perak pada peralatan operasi dan kateter. Dengan adanya perak pada alat tersebut, kehienisan peralatan dapat terjaga sehingga mencegah infeksi bakteri saat menggunakan alat tersebut. Bakteri yang bertemu dengan atom silver akan menyebabkan kerusakan pada sel bakteri sehingga bakteri tersebut akan mati.

Manfaat silver untuk mencegah perkembangbiakan bakteri bisa Anda temukan juga pada Lifebouy Activ Silver Formula. Penggunaan produk tersebut saat mandi dapat melindungi tubuh anda sekeluarga dari kuman

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *