Hati-Hati Dalam Menggunakan Masker Wajah? Inilah Cara Menggunakan Masker Yang Benar

By | 24 January 2017

Banyak orang yang tidak tahu cara menggunakan masker yang benar. Masker wajah digunakan untuk membuat kulit wajah menjadi bersih dan putih. Manfaat lain masker yaitu membuat kulit wajah menjadi kencang, menutup pori-pori, membuat kulit terasa segar, dan manfaat lainnya. Untuk mendapatkan hasil maksimal maka semua berawal dari penggunaan masker yang benar. Apabila dalam penggunaan masker tidak benar maka hal ini akan mengakibatkan kulit wajah menjadi rusak.

Bahan yang digunakan untuk membuat masker beranekaragam sesuai manfaat dan kegunaannya. Dahulunya masker dibuat dengan menggunakan jamu-jamuan, kini masker dibuat dengan menggunakan lumpur, kolagen, gel, dan bahan yang lainnya. Bahan yang digunakan untuk masker sesuai dengan fungsi dan manfaat dari kandungan yang ada pada bahan tersebut.

Cara menggunakan masker yang benar :

  1. Pertama-tama yang harus dilakukan untuk cara menggunakan masker yang benar adalah dengan membersihkan wajah. Wajah dibersihkan dengan pembersih wajah atau sabun dan dibilas dengan menggunakan air bersih. Setelah itu oleskan toner pada wajah secara lembut dan keringkan dengan menggunakan handuk lembut. Jika kulit wajah sudah kering baru olesi wajah dengan masker.
  2. Untuk mengoleskan masker pada wajah gunakan kuas khusus yang lembut. Oleskan masker ke seluruh permukaan wajah dan leher, hindari area lingkar mata dan mulut. Penggunaan kuas akan membuat masker merata saat dioleskan, selain itu juga saat pengolesan masker akan mengurangi wajah terkontaminasi dengan bakteri atau kuman. Jika menggunakan jari tangan biasanya jari tangan itu kotor dan banyak terdapat kuman.
  3. Cara menggunakan masker yang benar selanjutnya dengan membiarkan masker mengering setelah dioleskan pada wajah. Usahakan untuk tidak melakukan gerakan wajah seperti tertawa atau menggerakan otot-otot wajah. Jika ingin hasil masker maksimal maka lebih baik menggunakan masker sambil berbaring untuk mengurangi gerakan pada wajah. Gunakan masker hanya dalam waktu 15 sampai 30 menit.
  4. Setelah masker benar-benar mengering lalu bersihkan masker pada wajah dengan menggunakan handuk yang dibasahi dengan menggunakan air hangat. Usahakan untuk menggunakan handuk yang lembut. Bersihkan seluruh wajah dan leher hingga bersih dan tidak tersisa bahan masker di wajah.
  5. Jika bahan masker menggunakan gel atau kolagen lepas masker dari dahi ke arah bawah. Setelah masker terlepas maka bersihkan wajah dengan menggunakan handuk yang sudah dibasahi dengan menggunakan air hangat. Penggunaan handuk hangat akan membuat kulit wajah bersih dari bahan masker dan kulit wajah akan tampak segar.

Demikian cara menggunakan masker yang benar. Walaupun penggunaan masker mudah jika salah dalam penggunaannya maka akan membuat wajah bermasalah. Kulit wajah merupakan salah satu bagian tubuh yang sensitif, oleh karena itu dalam perawatnya harus lebih hati-hati. Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *