Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Traveling

By | 3 October 2016

aid72462-728px-save-money-when-travelling-step-1

Traveling merupakan satu dari sekian banyak hobi yang paling diminati oleh orang-orang di seluruh penjuru dunia. Traveling digemari bukan hanya sebagai hobi. Tetapi banyak orang yang hanya ingin berwisata dan untuk sekedar melepas penat dari berbagai rutinitas sehari-hari. Bagi sebagian orang yang memiliki hobi traveling, tentu ada peluang berkarir dalam bidang tersebut. Yaitu anda sebagai Tour Guide atau disebut juga Pemandu Wisata. Tentu saja hal ini menyenangkan bukan? Anda dapat berwisata namun tidak menghabiskan budget bulanan anda. Dan bahkan malah bisa menjadi sumber pendapatan pundi-pundi rupiah bagi anda yang menekuni karir dibidang travelling seperti ini.

Bicara mengenai traveling, ada beberapa hal yang jarang menjadi perhatian orang-orang yang justru hal tersebut jika dilakukan menambah keseruan pengalaman wisata yang anda lakukan. Hal tersebut diantaranya :

  1. Menggunakan Jasa Transportasi Umum.

Menggunakan kendaraan pribadi merupakan perjalanan biasa yang anda lakukan dan kurang seru rasanya jika demikian. Bepergian menggunakan jasa transportasi umum akan menambah sensasi perjalanan anda dan nikmati berkeliling kota sambil merasakan budaya lokal. Tpis dari saya agar perjalanan anda semakin asyik, jangan terlalu banyak barang bawaan. Jangan lupa membawa peta penunjuk arah atau sekarang sudah ada aplikasi peta digital yang dapan anda gunakan melalui smartphone anda.

  1. Tidak Terlalu Fokus dengan Media Sosial

Ritual memajang foto ketika berlibur ke suatu tempat yang menarik, memang sudah menjadi budaya kekinian yang saat ini selalu dilakukan oleh siapa saja. Tidak hanya dikalangan remaja, ibu rumah tangga serta kakek lanjut usia pun kini sudah kecanduan dengan adanya media sosial. Sebaiknya lupakan gadget anda. Simpan gadget anda di tempat yang aman. Luangkan waktu anda untuk menikmati perjalanan wisata yang memang jarang anda lakukan.

  1. Mengunjungi Daerah Permukiman di Sekitar Lokasi Wisata Tujuan

Alokasikan waktu anda sehari saja untuk jalan-jalan ke daerah permukiman. Sempatkan waktu untuk berbincang dengan warga setempat. Mengenal lebih dalam kebudayaan yang ada di sana. Seperti bercerita tentang makanan khas di tempat tersebut, tradisi budaya, serta tradisi adat setempat. Hal ini akan menambah wawasan anda akan kekayaan budaya dan kekayaan alam negri kita. Atau bahkan lakukan kegiatan tersebut saat anda traveling ke luar negri. Tentunya traveling anda akan semakin menarik.

  1. Mempelajari Bahasa Daerah Setempat.

Jika anda sudah menentukan kemana anda akan wisata, pelajari sedikit bahasa daerah setempat. Sudah banyak aplikasi spartphone yang bisa anda gunakan untukĀ  mempelajari bahasa apa saja yang anda inginkan. Penduduk lokal anak sangat menghargai anda jika anda berbicara menggunakan bahasa mereka.

  1. Tantang Diri Anda

Menyusun agenda perjalanan anda memang penting. Tetapi hal-hal diluar dugaan akan semakin menarik untuk anda lakukan. Karena adrenalin anda akan terpacu dan hal tersebut akan menjadi suatu unforgettable moment.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *