Gejala Penyakit Bronkitis dan Cara Pencegahannya

By | 13 December 2016

Bronkitis merupakan sebuah penyakit yang terjadi akibat adanya peradangan pada cabang tenggorokan (bronkus). Penyakit ini bisa disebabkan karena virus maupun bakteri. Bronkitis juga bisa disebabkan oleh debu dan asap yang masuk ke dalam saluran pernafasan. Bronkus merupakan saluran udara yang terdapat pada sistem pernafasan yang bertugas membawa udara ke paru-paru dan sebaliknya. Dinding bronkus akan menghasilkan mukosa (lendir) untuk menahan debu dan partikel lain yang bisa menyebabkan iritasi agar tidak masuk ke dalam paru-paru. Mukosa akan diproduksi lebih banyak jika terdapat iritasi atau peradangan. Dan untuk mengeluarkan mukosa ini, maka terjadilah batuk.

Penyakit bronkitis terbagi menjadi 2 jenis yaitu bronkitis kronis dan bronkitis akut. Perbedaan keduanya adalah berapa lama penyakit tersebut menyerang tubuh penderita. Bronkitis kronis bisa terjadi selama lebih dari 6 minggu, sementara bronkitis akut terjadi selama 2 sampai 3 minggu. Bronkitis akut bisa menyerang anak-anak dengan usia di bawah 5 tahun, sementara bronkitis kronis lebih sering menyerang orang dewasa dengan usia di atas 40 tahun.

Berikut ini adalah beberapa gejala penderita penyakit bronkitis

  1. Batuk berdahak
  2. Nafas terasa berat
  3. Sering merasa mudah lelah
  4. Sakit kepala
  5. Gangguan penglihatan
  6. sering menderita flu atau penyakit saluran pernafasan lainnya
  7. Demam
  8. Rasa tidak nyaman di dada
  9. Rasa gatal pada tenggorokan

Bronkitis merupakan penyakit yang mudah diatasi sehingga Anda tidak perlu terlalu khawatir. Akan tetapi seperti kata pepatah, mencegah lebih baik daripada mengobati. Maka lebih baik kita mengetahui bagaimana cara mencegah penyakit ini. Cara mencegah bronkitis kambuh adalah sebagai berikut :

  1. Tidak merokok
    Asap rokok merupakan salah satu penyebab penyakit bronkitis. Jadi hindari merokok dan juga hindari orang-orang yang merokok di sekitar Anda.
  2. Menjaga kebersihan diri
    Salah satu cara mencegah bronkitis adalah menjaga kebersihan diri. Misalnya selalu mencuci tangan dengan sabun setelah beraktifitas. Meskipun terdengar sepele, hal ini akan menjauhkan diri Anda dari virus atau bakteri yang bisa menimbulkan penyakit bronkitis.
  3. Menggunakan masker saat ke luar rumah
    Saat ini polusi udara semakin meningkat. Debu dan asap kendaraan bertebaran di mana-mana. Oleh karena ini gunakan master agar virus dan bakteri tidak masuk ke saluran pernafasan Anda.
  4. Hindari kontak langsung dengan penderita bronkitis
    Penyakit bronkitis mudah menular. Oleh karena itu hindari kontak dengan penderita penyakit ini.

Itulah beberapa gejala penyakit bronkitis dan cara mencegahnya. Semoga informasi ini berguna bagi siapa saja yang membutuhkan informasi tentang penyakit bronkitis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *