Destinasi Tempat Wisata Menarik Yang Ada di Jepara

By | 10 June 2015

Destinasi Tempat Wisata Menarik Yang Ada di Jepara

Tidak harus keluar negeri untuk berlibur bersama sanak keluarga. Jika anda tinggal di Pulau Jawa, anda tidak harus pergi keluar Pulau untuk menikmati indahnya lukisan alam ciptaan Tuhan yang yang harus dijaga kelestarian dan kebersihannya. Kota Jepara, merupakan salah satu kota yang berada di provinsi Jawa Tengah. Kota ini sangat terkait erat dengan pahlawan wanita Indonesia yaitu R.A Kartini. Pahlawan nasional yang memberikan gagasan emansipasi wanita ini lahir di Kota Jepara. Untuk mengenang jasa R.A Kartini, kemudian didirikan sebuah museum yang diberi nama Museum Kartini. Tempat wisata di Jepara ini sangat menarik mempesona sayang jika dilewatkan. Keunikan dari kota ini adalah menjadi kota terbaik pengrajin pahatan kayu yang sudah terkenal seantero Pulau Jawa.

Kota Jepara juga mempunyai banyak tempat wisata yang menarik, seperti pantainya yang sudah dikenal sampai ke mancanegara. Pantai yang terletak di sebelah utara Pulau Jawa ini menjadikan kota Jepara mempunyai keindahan Pantainya yang sangat istimewa. Berikut ada beberapa tempat wisata di Jepara yang dapat anda kunjungi :

  1. Taman Nasional Karimunjawa

Pulau ini terletak di 83 km di arah barat laut kota Jepara, merupakan gugusan pulau yang memiliki 27 pulau di Laut Jawa. Cagar alam laut yang dilindungi dan dijaga kelestariannya ini kemudian dijadikan Taman Nasional Karimunjawa. Tempat wisata di Jepara ini mempunyai luas 107.225 ha. Wisata laut dan berbagai macam kegiatan air di Karimunjawa membuat tempat ini ramai dikunjungi wisatawan.

 

  1. Museum R.A Kartini

Sedikit tadi sudah dijelaskan di atas mengenai museum R.A Kartini yang berada di kota Jepara, tepatnya terletak di sebelah utara alun-alun kota Jepara. Di tempat ini terdapat peninggalan dari R.A Kartiniya. Banyak sekali foto-foto dan benda lainnya yang berhubungan dengan R.A Kartini. Tidak hanya itu di sini juga terdapat benda-benda purbakala peninggalan pada jaman dahulu. Banyak juga sejarah yang tercatat di museum ini. Selain sebagai tempat rekreasi, Museum R.A Kartini juga berguna sebagai tempat pembelajaran sejarah.

 

  1. Pantai Kartini

Masih dengan soal R.A Kartini. Karena Jasanya yang sangat bernilai di Indonesia dan tempat kelahirannya pun ikut menghargai jasa Pahlawan Wanita ini. Ada salah satu pantai yang indah, menarik dan sayang jika dilewatkan. Pantai di beri nama Pantai Kartini. Tempat wisata di Jepara ini cocok menjadi destinasi wisata keluarga karena menawarkan berbagai wahana permainan. Permainan tersebut diantaranya seperti mandi bola, komedi putar, perahu arus dan aquarium raksasa.

 

  1. Pulau Panjang

Pulau panjang mempunyai luas 19 ha dan berjarak 2,5 km dari dermaga Pantai Kartini. Tempat wisata di Jepara menjadi tempat wisata yang dapat digunakan untuk snorkeling, bermain kano dan berenang. Pulau panjang juga menyuguhkan hamparan pasir putih dengan air yang jernih. Sesuatu yang sering dilakukan pengunjung untuk menikmati pemandangan Pulau Panjang adalah dengan berjalan menyusuri tepi pulau.

 

  1. Air Terjun Songgolangit

Dalam Bahasa Jawa, Air Terjun Songgolangit mempunyai arti air terjun menyangga langit. Air terjun ini berada di desa Bucu, kecamatan Kembang dari arah utara kota Jepara, kira-kira sekitar 30 km. Tempat wisata di Jepara ini memiliki panorama yang indah. Udara yang segar menjadikan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Air Terjun Songgolangit memiliki lebar sekitar 2 meter dan tinggi 80 meter.

 

  1. Benteng Portugis

Benteng ini merupakan peninggalan dari bangsa Portugis yang dulu pernah menjajah Indonesia. Di atas bukit batu, benteng ini berdiri kokoh. Tempat wisata di Jepara ini di buat menghadap laut, sehingga mempunyai pemandangan yang sangat indah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *