Daftar Tempat Wisata di Cilacap Yang Menarik Untuk Dikunjungi

By | 12 June 2015

Untuk memilih tempat berlibur tidak harus memilih di kota besar. Banyak kota yang tidak terlalu di ekspose namun mempunyai keindahan wisata yang indah. Jika anda memilih tempat liburan di kawasan Jawa Tengah, kota Cilacap sepertinya cocok untuk berekreasi bersama keluarga ataupun bersama teman-teman anda. Kota Cilacap berada di perbatasan samudera Indonesia termasuk kota wisata yang banyak dikunjungi wisatawan, apalagi Cilacap merupakan kota wisata sejarah yang harus anda ketahui untuk dan pelajari. Karena setiap tempat pastinya mempunyai sejarah tersendiri.

Daftar Tempat Wisata di Cilacap Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Kota kecil ini menyimpan keindahan, berikut tempat wisata di Cilacap yang patut untuk dikunjungi :

  1. Pantai Teluk Penyu

Tempat yang berbatasan langsung dengan samudera Indonesia ini tentunya memiliki pantai. Nah salah satunya adalah Pantai Teluk Penyu. Pantai ini tidak perlu lagi ditanyakan keramaiannya. Pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan dari daerah lain maupun dari penduduk setempat, apalagi bila musim liburan panjang dan akhir pekan. Pantai ini terlihat seperti membujur kepelabuhan Perikanan hingga ke Pulau Nusa Kambangan. Anda bisa memainkan wahana air seperti banana boat atau berenang. Atau pun melihat perahu-perahu milik nelayan tradisional yang berlalu lalang dan juga dapat melihat kapal tanker berkativitas keluar masuk Pelabuhan Tanjung Intan.

 

Setelah seharian melakukan aktivitas di Pantai Teluk Penyu pasti akan merasa lelah, anda bisa menyantap makanan yang tersedia di dekat Pantai Teluk Penyu. Tersedia berbagai jenis makanan seperti sea food seperti ikan bakar, cumi-cumi dan masih banyak lainnya sesuai dengan selera anda. Untuk buah tangan kerajinan, makanan ataupun souvenir khas Cilacap bisa anda beli di dekat pantai.

 

  1. Benteng Pendem

Benteng Pendem terletak sekitar 0,5 km dari Pantai Teluk Penyu. Salah satu bangunan bersejarah yang dijadikan ikon dan tempat wisata di Cilacap ini tersembunyi kisah pada jaman dahulu. Pada jaman dulu tempat ini digunakan sebagai markas pertahanan tentara Belanda di pantai selatan Pulau Jawa. Kusbat terij Op De lantonh Te Tjilatjap merupakan arti Benteng Pendem dalam Bahasa Belanda. Benteng ini diperkirakan dibangun sekitar tahun 1861 – 1879 dengan secara bertahap.

 

  1. Pulau Nusa Kambangan

Walaupun pulau ini digunakan sebagai Penjara, tempat ini masih menjadi salah satu tempat wisata di Cilacap. Untuk sampai di Pulau Nusa Kambangan, wisatawan harus menggunakan kapal dengan waktu 10 menit dari Pantai Teluk Penyu. Dalam perjalanan menuju Pulau Nusa Kambangan, wisatawan di suguhkan pemandangan yang menakjubkan dari Pantai Pulau Nusa Kambangan. Untuk menuju pulaunya, anda akanmendapatkan sensasi tersendiri karena melewati pepohonan dengan udara yang masih segar. Setelah sampai, kita dapat melihat benteng karang bolong yang merupakan benteng pertahanan Belanda. Selain itu, terdapat juga pantai karang pandan, sebuah pulau yang sangat cantik.

 

  1. Benteng Karang Bolong

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, benteng ini merupakan benteng pertahanan yang dimiliki Belanda. Berdirinya Benteng di area tahan seluas 6000 m2 ini terkesan angker. Di Benteng ini terdapat beberapa ruangan yang terbagi-bagi sebagai mana fungsinya. Namun kemegahan dari benteng ini masih terlihat. Benteng ini juga mempunyai sebutan lain adalah benteng artileri. Bagian dari benteng ini terdapat ruang penyiksaan, ruang senjata kemudian ruang penjara.

 

  1. Pantai Karang Pandan

Selain Pantai Teluk Penyu dan Pantai Pulau Nusa Kambangan, ada pantai yang sangat cantik, yaitu Pantai Karang Pandan. Pantai ini berpasir putih dan terlihat masih asri. Untuk menuju ke tempat wisata di Cilacap ini, dibutuhkan waktu setengah jam dari Benteng Karang Bolong jika berjalan kaki. Ombak disini relative sangat besar, jadi berhati-hati bila anda bermain air di Pantai ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *