Cara Mudah Mengatasi Penyakit Flu

By | 30 June 2016

Penyakit flu (influenza) dan pilek biasa terjadi saat peralihan musim hujan ke musim kemarau, maupun sebaliknya. Penyakit ini tidak hanya menjangkiti anak-anak, tapi juga orang dewasa. Flu terjadi karena infeksi virus influenza  yang menyerang sistem pernafasan manusia. Flu merupakan penyakit yang mudah menular melalui udara saat penderita batuk atau bersin. Beberapa gejala yang timbul saat menderita flu adalah badan mengigil, tubuh demam, batuk dan sakit tenggorokan. Seseorang yang terkena flu akan merasa tidak nyaman karena ingus terus mengalir dari hidung.

flu

Jika Anda terkena flu, ada baiknya mengikuti beberapa tips mengatasi penyakit flu berikut ini

  1. Istirahat yang cukup
    Istirahat yang cukup dapat mempercepat penyembuhan penyakit flu.  Jika Anda adalah seorang pekerja sebaiknya mintalah surat dokter dan minta ijin untuk tidak bekerja. Selain mempercepat penyembuhan, cara ini juga untuk menghindari penyebaran penyakit flu ke teman Anda. Tidurlah dengan memakai selimut  agar tubuh Anda menjadi hangat, sebaiknya jangan menyalakan AC ataupun kipas angin ya. Selain untuk mempercepat penyembuhan jika sudah terkena flu, istirahat merupakan cara mencegah flu yang efektif.
  2. Minum minuman hangat
    Mengkonsumsi minuman hangat seperti air putih atau teh dapat melancarkan hidung tersumbat serta dapat juga melegakan radang tenggorokan. Jangan minum air dingin saat terkena flu, karena hal ini akan memperburuk keadaan.
  3. Makan makanan bergizi
    Tubuh Anda memerlukan vitamin saat kondisinya tidak fit. Vitamin bisa didapatkan dari makanan bergizi, seperti sayuran dan buah. Rajin-rajinlah mengkonsumsi sayuran dan buah saat flu menyerang Anda agar daya tahan tubuh Anda meningkat.
  4. Perbanyak minum air putih
    Selain minum air hangat, Anda juga disarakan banyak minum air putih agar penyakit flu cepat reda. Minumlah air putih agar tenggorokan Anda menjadi bersih dari virus penyebab penyakit flu.  Akan lebih baik lagi jika yang anda minum adalah air putih hangat.
  5. Gunakan minyak kayu putih
    Oleskan minyak kayu putih pada tubuh Anda agar terasa hangat. Anda juga bisa mengoleskan sedikit minyak kayu putih pada bagian bawah hidung agar saluran pernafasan jadi terbuka. Aroma minyak kayu putih yang dicampur dengan air hangat bisa digunakan sebagai aroma terapi saat anda sedang flu. Caranya adalah tuangkan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam wadah yang berisi air panas dan letakkan di dalam kamar Anda.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda coba untuk mengatasi penyakit flu. Sebelum flu menyerang Anda sebaiknya jaga daya tahan tubuh dengan banyak makan makanan bergizi dan jagalah kebersihan lingkungan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *