Cara Merawat Mesin Cuci Agar Awet

By | 6 October 2016

mesin cuci merupakan perabotan rumah tangga yang sangat membantu ibu rumah tangga menyelesaikan pekerjaannya mencuci pakaian kotor. Saat ini mesin cuci hadir dalam 2 jenis yaitu mesin cuci satu tabung dan dua tabung. Di rumah, saya hanya memiliki mesin cuci dua tabung saja, sehingga saya hanya mengetahui cara mencuci dengan mesin cuci 2 tabung. Mesin cuci dua tabung memang muncul lebih dahulu, sehingga yang menggunakannya masih lebih banyak dibandingkan yang memiliki mesin cuci satu tabung.

mesin-cuci-dua-tabung

Agar tidak cepat rusak, mesin cuci yang ada di rumah harus dirawat sebaik mungkin. Saya sudah merangkum beberapa tips merawat mesin cuci, baik itu untuk mesin cuci satu tabung maupun dua tabung. Silakan baca tipsnya berikut ini

  1. Tempatkan mesin cuci pada lokasi yang benar

Anda jangan meletakkan mesin cuci pada tempat yang lembab agar bagian mesin cuci tidak mudah berkarat. Selain itu letakkan mesin cuci pada bidang yang tidak miring. Mesin cuci juga sebaiknya jangan diletakkan mepet ke tembok, beri sedikit jarak agar udara panas bisa keluar. Jauhkan juga mesin cuci dari lokasi yang bisa dipakai anak-anak untuk bermain.

  1. Gunakan takaran detergen yang sesuai

Gunakan detergen sesuai takaran yang sudah dijelaskan pada pembungkus detergen. Anda juga harus menggunakan air sesuai dengan petunjuk penggunaan mesin cuci. Di pasaran saat ini juga tersedia detergen yang sesuai dengan mesin cuci Anda. Tidak hanya detergen, penggunaan pewangi juga harus sesuai dengan takaran yang disarankan.

  1. Cabut kabel setelah selesai mencuci

Pastikan mesin cuci dalam kondisi mati setelah Anda selesai mencuci, Sebaiknya anda juga mencabut kabel stop kontak.

  1. Kapasitas cucian

Sesuaikan kapasitas baju yang Anda cuci seperti yang tertera pada buku panduan. Jika kelebihan beban saat mencuci, mesin cuci akan mudah rusak karena bekerja semakin keras. Selain kapasitasnya, perhatikan juga tidak ada benda lain yang masuk ke mesin cuci saat Anda mencuci. Beberapa benda yang sering ikut tercuci adalah uang logam yang sering tertinggal di saku baju ataupun celana.

  1. Bersihkan mesin cuci secara rutin

Bersihkan bagian dalam mesin cuci dari sisa detergen, pewangi ataupun pemutih. Anda bisa membersihkannya menggunakan air dan lap kering. Pembersihan ini dilakukan supaya mesin cuci tidak berlumut. Bagian filter bisa Anda bersihkan seminggu sekali.

 

Itulah beberapa tips dalam merawat mesin cuci. Jangan sampai mesin cuci Anda rusak, karena ongkos perbaikannya lumayan mahal. Mudah-mudahan informasi ini berguna bagi Anda.

2 thoughts on “Cara Merawat Mesin Cuci Agar Awet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *