CARA MERAWAT KAMERA DSLR DENGAN BENAR AGAR LEBIH AWET

By | 21 November 2014

Kewajiban seorang fotografer profesional atau yang hanya menggemari fotografi adalah mengetahui bagaimana cara merawat kamera DSLR yang baik dan benar sehingga kamera lebih awet dan tahan lama. Karena kamera DSLR merupakan senjata andalan seorang fotografer. Berikut ini merupakan cara merawat kamera DSLR yang baik dan benar.

cara merawat kamera dslr

  1. Simpan di Tempat Kering

Hal utama yang harus lebih diperhatikan adalah cara penyimpanan kamera. Simpan kamera dalam suhu ruang antara 40 hingga 60 derajat Celcius agar kamera tidak mudah berjamur. Jika kamera tidak akan digunakan dalam jangka waktu yang lama, maka simpan kamera di dalam box yang kedap udara.

  1. Pasang Screen Protector LCD dan Filter UV

Dengan memasang screen protector, kamera dan lensa akan lebih terlindungi dari goresan. Selain itu, dengan memasang screen protector makan akan lebih mudah untuk membersihkan layar LCD kamera DSLR dari debu. LCD kamera yang tergores, terkena debu maupun air akan mempengaruhi kualitas gambar. Fungsi lain dari screen protector adalah untuk perlindungan fisik optik lensa. Sedangkan filter UVakan mengurangi sinar ultraviolet matahari yang masuk ke dalam lensa.

  1. Jaga kebersihan Lensa dan Body Kamera

Sangat penting untuk membersihkan lensa dan body kamera setiap kali selesai digunakan.Pembersihan ini dilakukan untuk menjaga kamera dari debu saat penyimpanan. Gunakan cleaning set untuk membersihkan lensa dan body kamera. Cleaning set biasanya terdiri dari lap untuk lensa, blower, lensa pen dan lain-lain.

  1. Merawat baterai

Perawatan baterai yang baik akan memperpanjang usia pemakaian kamera DSLR karena baterai merupakan sumber daya yang digunakan untuk menghidupkan kamera. Berikut hal yang wajib diperhatikan:

  • Hindarkan baterai dari paparan suhu di atas 43 derajat Celcius. Karena akan menyebabkan kerusakan permanen baterai kamera DSLR. Simpan dan letakkan baterai pada tempat yang kering dan sejuk.
  • Hindari charge baterai secara berlebihan, jika sudah penuh segera cabut.
  • Lepaskan baterai dari kamera apabila tidak akan digunakan dalam waktu yang cukup lama
  1. Selalu Tutup lensa

Selalu tutup lensa dengan menggunakan lense cap saat tidak digunakan untuk menghindari lensa kemasukan debu dan tergores benda lain.

Semoga informasi cara merawat kamera DSLR bermanfaat bagi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *