Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri Saat Presentasi

By | 10 August 2016

Bagi sebagian siswa maupun mahasiswa, presentasi di depan kelas merupakan hal yang tidak mudah. Presentasi merupakan sebuah  bentuk komunikasi yang dilakukan dengan cara bicara di depan orang banyak. Seringkali perasaan grogi dan tidak percaya diri muncul saat sedang melakukannya. Ini biasa terjadi jika kita jarang ataupun baru pertama kali presentasi di depan orang banyak. Perasaan gugup yang timbul akan menyebabkan presentasi kita menjadi tidak maksimal bahkan lupa materi yang akan dipresentasikan.

Perasaan tidak percaya diri ini bisa muncul  karena pikiran negatif yang ada di dalam diri masing-masing. Terkadang kita merasa tidak berpengalaman, memiliki banyak kekurangan, tidak pintar , serta takut gagal. Hilangkan perasaan-perasaan ini karena pada dasarnya semua orang memiliki kekurangan, tapi juga memiliki kelebihan lain.
cara-meningkatkan-rasa-percaya-diri-saat-presentasi

Berikut ini ada beberapa hal yang bisa meningkatkan percaya diri Anda saat akan presentasi.

  1. Kuasai materi yang akan dipresentasikan
    Salah satu hal yang membuat rasa percaya diri hilang adalah karena Anda tidak menguasai materi yang akan dibawakan saat presentasi. Oleh karena itu Anda harus mempelajari materi dengan sebaik-baiknya saat Anda akan presentasi. Buatlah materi yang mudah dipahami oleh audience kita.
  2. Latihan berbicara
    Setelah Anda menguasai materi, cobalah Anda presentasi di hadapan teman-teman Anda. Jika Anda masih malu melakukannya di depan teman-teman, Anda bisa latihan presentasi di depan cermin. Catat beberapa poin yang menurut Anda kurang bagus sehingga bisa Anda perbaiki.
  3. Jaga penampilan
    Penampilan yang rapi akan membuat Anda menjadi lebih percaya diri. Oleh karena itu gunakan pakaian yang bersih, wangi serta gunakan parfum untuk menimbulkan rasa percaya diri. Lihatlah diri Anda di depan cermin untuk memastikan Anda sudah tampil rapi.
  4. Berdoa
    Jika ikhtiar Anda sudah cukup, jangan lupa berdoa memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa agar Anda diberikan ketenangan, kemudahan dan kelancaran dalam melakukan presentasi hingga selesai.
  5. Tersenyum
    Selalu tersenyum saat Anda membawakan presentasi. Dengan tersenyum, energi positif Anda akan terpancar sehingga perasaan Anda akan menjadi lebih baik.
  6. Berdiri dengan tegak
    Berdirilah tegak dengan pandangan lurus ke arah depan. Jangan pernah membungkuk atau melihat ke bawah karena bisa memberikan perasaan rendah diri.
  7. Tatap mata audience Anda
    Kontak mata akan membantu Anda menghilangkan rasa takut dan mendekatkan diri Anda dengan audience. Hal ini membuat materi Anda lebih didengar dan diperhatikan oleh audience.

Itulah beberapa tips yang bisa membuat Anda percaya diri saat sedang presentasi di depan kelas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *