Cara Memasak Resep Ikan Bakar Nila Pedas Manis

By | 8 March 2016

Apakah anda sudah menyiapkan menu makan malam bersama keluarga anda? Jika belum, resep ikan bakar nila ini bisa dijadikan referensi anda untuk sajian makan malam anda. Ikan nila merupakan ikan yang hidup di air tawar yang terdapat banyak di seluruh daerah di Indonesia. Olahan ikan yang sangat mudah dan praktis, membuat para usaha kuliner memilih bahan baku ikan nila untuk membuat sajian yang dapat diolah menjadi masakan yang enak. Selain bahan yang mudah di dapat, kandungan gizi dan protein dalam ikan nila juga sangat tinggi.

ikan bakar nila pedas manis

Ikan nila yang dibakar dan di beri bumbu dengan perpaduan pedas manis ini kerap menjadi menu andalan di setiap rumah makan. Namun, jika anda ingin membuatnya sendiri di rumah berikut ulasan resep ikan bakar nila. Simak ulasan di bawah ini :

Resep Ikan Bakar Nila

Bahan-bahan :

  • Ikan nila berukuran sedang, siangi hingga bersih
  • Minyak wijen ½ sdt
  • Kecap manis 5 sdm
  • Kecap asin 1 sdm

Bumbu Halus :

  • Kunyit 1 ruas
  • Ketumbar 1 sdm
  • Bawang putih 3 siung
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng

Cara Membuat Ikan Bakar Nila

  1. Cuci ikan nila hingga bersih, dan belah pada bagian perutnya. Pada tempat terpisah haluskan kunyit, ketumbar serta bawang putih. Setelah halus, tambahkan garam.
  2. Baluri ikan dengan bumbu yang sudah di haluskan tadi hingga merata ke seluruh bagian ikan nila. Tunggu sekitar 20 menit.
  3. Sambil menunggu ikan nila yang sedang di bumbui, panaskan minyak untuk menggoreng ikan nila. Goreng dengan api yang kecil saja karena akan digoreng setengah matang. Waktu menggoreng sekitar 2 menit saja. Kemudian angkat.
  4. Setelah itu, olesi ikan yang sudah digoreng dengan kecap manis dan kecap asin secara merata. Anda juga harus menambahkan kecap wijen. Diamkan selama 5 menit.
  5. Sembari menunggu ikan nila yang sudah diolesi kecap, siapkan tempat untuk membakar ikan. Masukan ikan nila ke dalam alat penjepit untuk di bakar.
  6. Bakar ikan nila dengan cara di bolak balik agar bumbu meresap sempurna. Ulangi mengoles kecap sampai ikan benar benar empuk.
  7. Jika dirasa sudah matang dan empuk, angkat dan ikan bakar nila siap dihidangkan.

 

Selain caranya yang mudah, bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep ikan bakar nila juga mudah anda jumpai di lingkungan rumah anda. Apakah anda tertarik untuk membuat resep ikan bakar nila di rumah? Ikan bakar nila ini cocok di hidangkan bersama nasi putih hangat dan sambal kecap yang berisi irisan cabai, irisan bawang merah dan sedikit keruk nipis. Anda juga dapat menambahkan timun, kemangi, tomat atau daun selada sebagai lalapannya.

Demikian ulasan tentang resep ikan bakar nila yang dapat anda praktekkan di rumah. Semoga bermanfaat dan bisa menambah referensi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *