Cara Alami Dan Aman Mengatasi Diare Pada Bayi

By | 31 July 2015


Seorang bayi yang sedang sakit sangat membuat ibu khawatir. Apalagi jika si bayi diare, segala macam cara akan ibu lakukan untuk mengobati bayinya termasuk membawanya berobat ke dokter atau rumah sakit. Akan tetapi sering pengobatan tersebut tidak ada hasilnya dan bayi masih tetap diare. Apalagi jika salah memilih obat akan berbahaya jika obat tersebut mengandung bahan kimia berbahaya. Cara mengatasi diare pada bayi adalah yang terbaik. Ini karena bayi akan sembuh dari diare dan tanpa menimbulkan efek samping. Berikut cara-cara alami untuk mengobati bayi yang terkena diare.

Cara Alami Dan Aman Mengatasi Diare Pada Bayi

  1. Larutan garam

Larutan garam dapat ibu gunakan untuk mengobati diare si bayi. Cara membuatnya yaitu sebagai berikut:

  • Siapkan garam seperempat sendok teh.
  • Gula pasir satu sendok teh penuh.
  • Air matang satu gelas sedang.
  • Campur semua bahan tersebut dan aduk hingga garam dan gula menjadi larutan.
  • Minum kan pada bayi Anda pelan-pelan menggunakan sendok, ingat jangan satu gelas diminum kan semua, tapi hanya beberapa sendok saja. Berikan secara rutin minimal 2 kali sehari agar diare nya cepat sembuh.

 

  1. Minum air putih

Pada bayi atau balita yang terkena diare, akan kekurangan cairan di dalam tubuhnya. Untuk itu minumkan air putih beberapa sendok secara pelan-pelan ke bayi atau balita Anda. Jika si bayi sudah bisa makan, berikan jus buah untuk mengurangi dehidrasinya. Ibu juga sebaiknya minum air putih yang banyak dan jus buah, karena bayi butuh cairan yang banyak terutama dari ASI yang ibu berikan.

 

  1. Kurangi makanan berserat

Untuk ibu yang menyusui dan bayinya sedang diare sebaiknya kurangi makanan yang berserat. Karena konsumsi makanan berserat saat diare justru akan memperburuk kondisi diare, juga berlaku untuk ibu yang menyusui dan bayinya sedang diare. Buah yang bisa ibu konsumsi saat bayi diare adalah buah salak dan buah pohon sagu.

 

  1. Cuka apel

Apa yang di konsumsi ibu saat menyusui juga akan berpengaruh terhadap bayi yang disusuinya. Jika bayi diare, ibu bisa minum cuka apel. Cara mengatasi diare pada bayi dengan cuka apel yaitu siapkan satu gelas air putih kemudian beri satu sendok cuka apel. Aduk hingga kedua bahan tersebut tercampur rata. Minum 2 kali sehari secara teratur sampai diare pada bayi ibu sembuh.

 

  1. Hindari susu dan olahannya

Jangan minum susu dan olahan nya, terkecuali untuk ASI karena bayi sangat membutuhkannya. Untuk bayi yang sudah bisa makan dan minum susu olahan, sebaiknya ditahan dahulu sampai diarenya selesai. Karena meminum susu saat diare justru akan memperburuknya. Untuk ibu, sebaiknya konsumsi yogurt karena mengandung bakteri yang baik untuk kesehatan pencernaan. Jika bayi ibu sudah bisa makan, memberinya yogurt juga merupakan cara mengatasi diare pada bayi yang baik, tapi ingat jangan berlebihan.

 

  1. Ramuan dari beras ketan

Ramuan dari beras ketan juga dapat ibu konsumsi saat menyusui dan tiba-tiba bayinya terkena diare. Cara membuatnya yaitu siapkan 100 gram beras ketan dan satu jari kunyit. Sangrai ketan tersebut atau menggoreng tanpa menggunakan minyak. Kemudian bakar kunyit sampai sedikit hangus. Tumbuk kedua bahan tersebut sampai halus, tambahkan air matang dan aduk hingga rata. Minum ramuan tersebut minimal 3 kali sehari.

 

  1. Ramuan oralit

Selain cara mengatasi diare pada bayi di atas, ibu juga bisa membuat oralit. Walaupun cara ini bukan alami tetapi oralit sudah digunakan banyak orang untuk menyembuhkan diare dan hasilnya pun diare dapat sembuh. Cara membuatnya sediakan satu gelas air atau sekitar 200 mililiter yang telah matang, masukkan satu bungkus oralit dan aduk sampai larutan tercampur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *