Beberapa Manfaat Penggalangan Dana yang Belum Anda Ketahui

By | 27 March 2018

Penggalangan dana atau fundraising menurut Wikipedia adalah proses pengumpulan kontribusi sukarela dalam bentuk uang atau bentuk lainnya dengan meminta sumbangan dari individu, perusahaan, yayasan atau pun Lembaga pemerintahan. Tujuan dari penggalangan dana ini pun bermacam-macam yaitu untuk memperoleh dana operasi, untuk membiayai kampanye keperluan politik atau untuk memodali perusahaan. Biasanya bentuk kegiatan penggalangan dana adalah makan malam formal, penerbitan buku dan lain sebagainya.

Namun tahukah anda apa manfaat dari penggalangan dana itu sendiri? Ada banyak manfaatnya salah satunya adalah untuk menghimpun dana. Menghimpun dana adalah tujuan penggalangan dana yang paling dasar. Termasuk dalam pengertian dana adalah barang atau jasa yang memiliki nilai material. Tujuan inilah yang paling pertama dan utama. lnilah sebab awal mengapa penggalangan dana itu dilakukan. Bahkan kita bisa mengatakan bahwa penggalangan dana yang tidak menghasilkan dana adalah penggalangan dana yang gagal, meskipun memiliki bentuk keberhasilan lainnya. Karena pada akhirnya apabila penggalangan dana tidak menghasilkan dana maka tidak ada sumber daya dihasilkan. Apabila sumber daya sudah tidak ada, maka lembaga akan kehilangan kemampuan untuk terus menjaga kelangsungannya, sehingga pada akhirnya akan mati.

 

Kedua adalah untuk menghimpun donatur. Tujuan kedua penggalangan dana adalah menghimpun donatur. Lembaga yang melakukan penggalangan dana harus terus menambah jumlah donaturnya. Untuk dapat menambah jumlah donasi, maka ada dua cara yang dapat ditempuh, yaitu menambah donasi dari setiap donatur atau menambah jumlah donatur pada saat setiap donatur mendonasikan dana yang tetap sama.

 

Jika anda pikir penggalangan dana kurang efektif, anda bisa melakukan donasi secara online di Unicef. Caranya adalah dengan mengunjungi website Unicef di www.supportunicefindonesia.org, kemudian isi data diri anda berupa nama, alamat e-mail, nomor ponsel yang masih aktif dan berapa jumlah donasi yang akan anda berikan. Setelah itu klik saja ‘donasi sekarang’ hingga kemuidian akan muncul halaman detil donasi yang perlu anda isi juga. Mudah kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *