Bahan Yang Sering Dipakai Untuk Prakarya Sekolah

By | 13 January 2019

Di sekolah-sekolah ada mata pelajaran bernama Seni Budaya dan Keterampilan atau yang biasa disingkat sebagai SBK. Pelajaran SBK ini mengasah keterampilan siswa dengan membuat prakarya. Mata pelajaran ini juga bisa menumbuhkan jiwa kewirausahaan siswa sehingga nantinya siswa dapat menjadi seorang enterpreneur.

SBK bisa meliputi seni rupa, seni tari, seni drama, kerajinan tangan, seni musik, ataupun memasak. Pada bidang kerajinan tangan biasanya siswa belajar membuat prakarya di sekolah dengan bimbingan dari guru masing-masing. Adapun beberapa bahan yang sering dipakai untuk prakarya sekolah adalah sebagai berikut

 

Tanah Liat

Tanah ini bisa digunakan untuk membuat kerajinan tangan seperti vas bunga, guci, patung, topeng dan lain-lain. Biasanya tanah liat bisa Anda dapatkan di toko jual bahan kerajinan tangan dengan ukuran 500 gram atau 1kg.

tanah liat bahan kerajinan tangan

tanah liat bahan kerajinan tangan

Kertas Warna

kertas ini berbentuk persegi yang memiliki aneka warna seperti merah, kuning, hijau, hitam, ungu, pink, biru, coklat dan lain-lain. Ukurannya ada yang kecil, maupun yang besar. Kertas ini mudah didapat di toko alat tulis di sekitar Anda. Kegunaannya untuk membuat origami berbagai bentuk.

kertas warna bahan kerajinan tangan

kertas warna bahan kerajinan tangan

 

Cat Air

cat ini dipakai untuk membuat lukisan atau untuk mewarnai objek pada sebuah media. Untuk menggunakan cat air, Anda butuh kuas dan juga palet.

cat air bahan kerajinan tangan

cat air bahan kerajinan tangan

Cat minyak

Kegunaannya sama seperti cat air. Akan tetapi cat minyak lebih cocok digunakan pada media kanvas. Cat minyak tidak cepat kering seperti cat air.

cat minyak untuk melukis

cat minyak untuk melukis

Crayon dan Pensil Warna

ini biasa dipakai untuk anak TK ataupun SD karena lebih mudah digunakan dan tidak berantakan dalam penggunannya. Mudah ditemukan di toko alat tulis sekitar Anda.

crayon anak sekolah

crayon anak sekolah

Itulah beberapa bahan yang sering dipakai untuk prakarya sekolah. Bahan-bahan di atas bisa Anda dapatkan di toko alat tulis sekitar rumah ataupun sekolah. Selain itu Anda juga bisa membelinya secara online di toko online kesayangan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *