Atasi Wifi Limited Access dengan Cara Berikut

By | 18 April 2018

 

Bagi Kamu yang menggunakan paket internet dan tv kabel, mungkin saja gak akan mengalami wifi limited access di laptop. Namun bagi mereka yang tidak menggunakan paket wifi di rumah dan memakai wifi di tempat umum, masalah wifi limited access ini biasanya terjadi. Wifi yang menunjukkan status limited access biasanya gak bisa digunakan untuk browsing, streaming, dan aneka aktivitas online lainnya. Biasanya wifi limited access terjadi karena bandwidth dibatasi oleh server atau pemilik wifi.

 

Lalu, gimana cara untuk mengatasi limited access ini? Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakuin.

 

Mengubah IP Address

Kamu bisa mengganti IP Address melalui komputer atau laptop yang digunakan. Caranya, masuk ke Control Panel > All Control Panel Items > Network and sharing center. Lalu pilih Connections yang ada tulisan: Wireless Network Connection dengan nama wifi yang mau kamu pakai. Setelah itu klik nama wifi tersebut > Properties, lalu pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/Ipv4). Kemudian klik Properties dan isi IP Address sesuai dengan IP yang diberikan oleh provider yang digunakan.

 

Menghentikan Bonjour Service

Kamu pengguna Windows 7 dan terkena limited wifi access? Bonjour adalah salah satu service yang kadang menjadi masalah pada koneksi wifi. Bagaimana cara menghentikannya? Kamu bisa masuk ke menu Starts > Accessories > Run. Lalu ketik, “services.msc” dan carilah Bonjour Service. Pilih stop pada Bonjour Service dan set jadi disable.

 

Restart router

Restart router adalah cara yang paling mudah kalo Kamu menemukan kendala pada jaringan internet yang sedang digunakan. Matikan router dan diamkan beberapa menit sebelum dinyalakan kembali. Butuh waktu beberapa menit supaya router bisa bekerja kembali dengan baik dan benar.

 

Restart laptop atau komputer yang digunakan

Masalah limited wifi access ini gak melulu berasal dari jaringan yang Kamu gunakan. Karena, bisa aja masalah ini terjadi akibat komputer atau laptop yang Kamu gunakan sudah terlalu berat. Selain itu, mungkin aja ada configuration network yang salah sampai masalah ini terjadi. Cara mengatasinya, restart perangkat Kamu dan sambungkan kembali ke wifi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *