Apakah Bedanya Rekruter dengan Head Hunter?

By | 11 August 2018

Procapita adalah headhunter Jakarta dibandingkan rekruter pada umumnya. Head hunter berbeda dengan rekruter yang biasanya hanya bekerja di sebuah perusahaan dan ditugaskan untuk mencarikan karyawan baru yang tepat untuk mengisi posisi yang saat itu sedang dibutuhkan oleh perusahaan tempat rekruter bekerja.

Berbeda dengan rekruter yang menerima gaji hingga fasilitas perusahaan tersebut, headhunter Jakarta bekerja di luar perusahaan untuk mencari kandidat pekerja terbaik. Ini merupakan sebuah agency yang diminta oleh klien pada perusahaan tertentu untuk mencari tenaga baru di perusahaannya dan bukan salah satu pekerja di perusahaan tersebut.

Rekruter mencari kandidat dengan cara umum

 

Perbedaan Rekruter dengan Head Hunter

Rekruter jelas berbeda dengan head hunter Jakarta  yang merupakan sebuah tim dari agency untuk proses perekrutan tenaga kerja baru secara rahasia dan lebih spesifik untuk benar-benar memilihkan SDM terbaik dan berkompeten untuk memajukan perusahaan.

Sedangkan cara mencari SDM baru yang dilakukan oleh rekruter hampir sama dengan mencari kandidat pada umumnya yakni, melalui cara mem-posting iklan pada lowongan di website pencarian kerja. Ini jelas merupakan proses perekrutmen pada umumnya. selanjutnya, rekruter adakan meng-interview beberapa kandidat.

Pada saat melakukan pencarian dengan proses di atas rekruter tak akan memiliki banyak kesulitan. Mereka dapat bekerja proaktif dengan mencari tahu tentang keahlian dan kemampuan oleh kandidat calon karyawan. Reruter juga bisa dibantu dengan screening system guna menemukan kandidat paling tepat.

Sangat berbeda dengan headhunter Jakarta yang diminta klien atau perusahaan tertentu untuk mencarikan kandidat yang sesuai untuk mengisi posisi di perusahaan dengan keahlian tertentu dan berlatar belakang yang sebetulnya sulit ditemukan.

Meskipun sulit, head hunter Jakarta yang profesional akan bekerja sebagai agen perusahaan consultant untuk memberikan yang terbaik pada semua klien yang mempercayakan urusan mencari tenaga kerja baru pada perusahaannya.

Tugas head hunter memang mencari kandidat yang akan mengisi posisi dan kualifikasi tertentu atau spesifik sehingga berbeda dengan cara pencarian tenaga kerja yang dilakukan oleh rekruter yang bisa menulis apa saja pada iklan lowongan kerja untuk syarat mengisi posisi yang akan dibutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *