Apa Saja Persyaratan Umum untuk Menjadi Seorang Pilot

By | 24 February 2017

Menjadi seorang pilot profesional yang mengemudikan pesawat komersial bukanlah sebuah perkara yang mudah. Apabila di antara kamu masih ada yang berpikir bahwa menjadi pilot itu menyenangkan dan memiliki gaji yang cukup besar, kamu juga perlu memikirkan mengenai risiko, tanggung jawab, dan proses yang harus dijalani untuk menjadi seorang pilot profesional.

Untuk menjadi seorang pilot profesional, tentu kamu membutuhkan keterampilan yang harus dipelajari secara sungguh-sungguh, mengingat seorang pilot profesional akan menanggung keselamatan seluruh penumpang pesawat sampai di tempat tujuan. Berikut ini adalah beberapa persyaratan umum yang harus diketahui cara menjadi seorang pilot profesional.

Pendidikan

Untuk menjadi seorang pilot, tentu dibutuhkan pendidikan yang akan melatih keterampilan calon pilot tersebut dalam mengemudikan pesawat. Di Indonesia, jalur pendidikan tinggi untuk menjadi seorang pilot profesional telah banyak dibuka oleh sekolah penerbangan atau biasa disebut sekolah pilot.

Pada umumnya, semua sekolah pilot tersebut memberikan sayarat pendidikan kepada para calon pilot minimal SMA ataupun yang sederajat. Sebagian sekolah pilot hanya menerima peserta didik dari jurusan IPA dan sebagian lain bersedia menerima peserta didik dari jurusan apa pun. Semua itu bergantung dengan kebijakan tiap-tiapsekolah pilot di Indonesia.

Kesehatan

Banyak berita yang mengatakan bahwasannya untuk menjadi seorang pilot seseorang harus memiliki panjang kaki kurang lebih satu meter sehingga dapat meraih pedal kemudi dengan sempurna. Padahal, hal tersebut tidaklah sepenuhnya benar karena saat ini pedal kemudi telah dirancang agar jauh lebih mudah untuk diraih dan dikendalikan oleh seorang pilot.

Seorang pilot pun diperbolehkan untuk menggunakan kacamata dengan batasan-batasan yang telah ditetapkan, tetapi tidak diperbolehkan bagi yang buta warna karena kode dan tanda di kokpit pesawat banyak yang menggunakan warna sebagai pembeda.

Seorang pilot pun dikabarkan sebenarnya boleh saja memiliki gigi yang bolong dengan syarat sudah ditambal dan memenuhi batasan-batasan yang telah ditentukan. Untuk lebih jelasnya, bagi kamu yang ingin menjadi seorang pilot, kamu dapat bertanya langsung mengenai persyaratan kesehatan di balai kesehatan sekolah penerbangan atau sekolah pilot yang kamu ketahui.

Lisensi Penerbangan

Untuk mendapatkan CPL (Commercial Pilot License), seorang pilot profesional harus terlebih dahulu mendapatkan SPL (Student Pilot License) yang akan didapatkan setelah lulus dengan baik dari sekolah penerbangan atau sekolah pilot serta PPL (Private Pilot License). CPL hanya mampu didapatkan seorang pilot apabila dirinya telah memiliki 140 sampai 250 jam penerbangan dan dapat dikatakan bahwa setelah mendapatkan CPL, di situlah karier profesional seorang pilot baru dimulai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *