6 Tempat Wisata Di Sumatera Utara Yang Paling Sering Dikunjungi

By | 14 June 2015

Sumatera termasuk salah satu Pulau besar di Kepulauan Indonesia. Salah satu provinsi di Pulau Sumatera adalah Sumatera Utara yang beribukota Medan. Medan termasuk kota metropolitan di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya. Menurut data statistick pemerintahan Kota Medan, pada tahun 2013 sebanyak 225 ribu terdiri dari wisatawan lokal dan mancanegara yang sebagian besar merupakan wisatawan dari Negara Singapura, Malaysia dan beberapa negara di benua Eropa. Tidak heran jika Sumatera Utara sering didatangi wisatawan dari berbagai negara, karena Sumatera Utara ternyata mempunyai keindahan yang tersimpan.

6 Tempat Wisata Di Sumatera Utara Yang Paling Sering Dikunjungi

Berikut tempat wisata di Sumatra Utara yang sering dikunjungi :

  1. Danau Toba

Siapa yang tidak mengenal danau yang satu ini. Danau Toba merupakan danau yang terluas dan terbesar di dunia. Pantas saja danau ini mempunyai popularitas yang tinggi di dunia Internasional. Tempat wisata di Sumatra Utara ini mempunyai hawa sejuk menyegarkan dengan menikmati keindahan alam, menatap air yang jernih anda akan mendapatkan itu semua jika berkunjung di Danau Toba. Yang membuat unik dari Danau satu ini adalah terdapat sebuah pulau yang berada di tengah-tengah danau, yang diberi nama Pulau Samosir.

 

  1. Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit.

Kawasan pegunungan yang menyegarkan dan menyejukkan dapat di nikmati keindahannya ketika anda berada di Pulau Sumatera. Semuanya bisa terwujud jika anda melakukan perjalanan sekitar 2 jam dari kota Medan dan menemukan Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit. Air terjun ini sangat mempunyai daya tarik wisatawan. Tempat wisata di Sumatra Utara ini berada di dalam Hutan Sibolangit. Keunikan air terjun ini karena memiliki dua warna yang berbeda.

 

  1. Maha Vihara Adhi Maitreya

Maha Vihara Adhi Maitreya merupakan vihara terbesar yang di miliki Indonesia. Vihara ini terletak di kompleks perumahan Cemara Asri di Kota Medan, biasanya masyarakat setempat lebih mengenalnya dengan sebutan Vihara Cemara Asri. Untuk memasuki tempat wisata di Sumatra Utara ini, anda perlu menjaga ketenangan karena ini merupakan tempat ibadah. Anda tidak memerlukan biaya untuk memasuki tempat ini. Sedikit gambaran untuk mendeskripsikan tempat ini. Tempat ini dibangun di luas area 45 hektar. Suasana ditempat ini sangat asri, bersih dan terjaga kerapiannya. Vihara ini juga dihiasi dengan adanya beberapa patung Budha, yaitu patung Dewi Kwan Im, Hakim Bao.

 

  1. Pulau Nias

Jika anda perhatikan uang kertas senilai seribu rupiah pada tahun 2000 an, terdapat gambar orang melewati batu tinggi. Nah, batu tersebut terdapat di Pulau Nias yang masih termasuk kawasan Sumatera Utara. Tinggi batu tersebut sekitar 2 meter. Batu tersebut dapat anda temui di desa Bawomatauo. Di sini biasanya akan menampilkan sebuah pertunjukan tradisional masyarakat suku di Nias.

 

  1. Taman Alam Lumbini

Tempat wisata di Sumatra Utara ini terletak di kawasan Berastagi dan berada di kaki Gunung Sibayak. Seperti taman yang lain, taman ini juga mempunyai suasana yang tenang. Namun yang menjadi daya tarik dari taman ini adalah adanya pagoda yang merupakan replika dari pagoda Shwedago. Pagoda ini dilengkapi dengan stupa Buddha yang mempunyai ketinggian 46,8 meter dan tinggi 69 meter. Sebanyak 2500 patung Budha dan relief menghiasi pagoda ini.

 

  1. Air Terjun Sigura-gura

Karakteristik dari wisata Air Terjun Sigura-gura yang berada di Kawasan Sumatera Utara ini adalah mempunyai suasana yang sejuk dan dingin. Air terjun ini mempunyai ketinggian 250 meter. Sungai Asahan yang alirannya bermula dari Danau Toba merupakan sumber dari Air Terjun Sigura-gura. Biasanya tempat wisata di Sumatra Utara ini juga digunakan untuk kegiatan kompetisi rafting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *