6 Keuntungan Dengan Mengikuti Asuransi Syariah

By | 8 September 2017

Melihat mayoritas masyarakat Indonesia yang beragama Islam, saat ini banyak terdapat asuransi syariah yang diperuntukkan bagi para muslim. Yang membedakan program asuransi biasa dan asuransi syariah sendiri adalah prinsip pembagian hasilnya.

Selain itu, pada produk asuransi syariah ini anda pun akan mendapat keuntungan lain yang jauh lebih menarik. Apa sajakah kelebihan asuransi syariah dibanding dengan produk asuransi umum? Berikut ini beberapa diantaranya.

  1. Tidak ada dana hangus

Salah satu keunggulan yang paling diperjualkan oleh agen asuransi syariah adalah dana yang sudah disetorkan nasabah asuransi tidak akan pernah hangus. Berbeda dengan produk asuransi umum, dimana ketika belum jatuh tempo nasabah tidak bisa mencairkan dananya.

Namun ketika anda mengikuti asuransi syariah, dana yang telah disetorkan bisa dicarirkan sekalipun belum jatuh tempo. Ya tentu saja dengan alasan yang meyakinkan.

  1. Hasil investasi

Setiap dana atau premi yang anda setorkan pada agen asuransi, umumnya akan diinvestasikan pada perusahaan atau proyek tertentu. Nah dari sini, anda akan mendapat hasil investasi tersebut.

Karena yang anda ikuti adalah asuransi syariah, maka hasil investasi (mudharabah)nya pun jauh lebih tinggi jika dibanding menabung dengan sistem deposito.

Terlebih lagi instrumen investasi syariah begitu beragam sehingga hasil investasinya pun jauh lebih beragam.

  1. Telat bayar

Apabila suatu saat anda melakukan telat bayar (bukan termasuk pemberhentian pembayaran), maka proteksi pada dana anda tidak akan mengalami perubahan.

Disini asuransi syariah tidak akan merubah keamanan dari dana anda ketika telat bayar. Sehingga premi yang dibayarkan pun tetap sama atau sesuai dengan kesepakatan awal antar kedua belah pihak.

  1. Nisbah tinggi

Selain dana yang tidak akan hangus, keunggulan utama lainnya yang ditawarkan oleh asuransi syariah adalah pembagian nisbah yang jauh lebih tinggi. Yaitu 70 persen untuk nasabah dan 30 persen untuk agen asuransi.

Dari kesepakatan hasil nisbah ini, tentu menjadi keuntungan tersendiri bagi nasabah asuransi bukan?

  1. Bebas kontribusi dasar

Fasilitas lain yang tidak akan anda nikmati ketika mengikuti program asuransi lain adalah kebebasan kontributor dasar. Dimana kontributor akan diberikan kebebasan jika terjadi ketidakmampuan dari total yang dikarenakan penyakit maupun kecelakaan.

Dan nasabah tetap bisa menikmati manfaat asuransi sekalipun dalam keadaan tidak mampu total. Tak hanya itu, nasabah juga akan mendapat biaya ganti rumah sakit yang disebabkan dua faktor di atas, yaitu penyakit berbahaya dan kecelakaan. Juga dilengkapi dengan fasilitas cashless.

  1. Asuransi Double Claim

Satu lagi keuntungan yang akan anda dapatkan dengan mengikuti asuransi syariah, yaitu fasilitas asuransi double claim. Seperti peserta yang dapat memanfaatkan perlindungan dari biaya rawat inap atau opname di rumah sakit bagi semua anggota keluarga.

Nah jika asuransi menggunakan kartu atau cashless, maka polis pun dapat digunakan untuk satu keluarga. Jadi premi yang dibayarkan terhitung jauh lebih murah.

Sangat menarik bukan fasilitas dan kelebihan yang akan anda peroleh dengan mengikuti asuransi syariah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *