5 Tips Memilih Pakaian untuk Interview

By | 15 September 2016

Bagi kamu para fresh graduate yang akan menghadapi interview, pasti saat ini kamu masih merasa bingung dan memikirkan apa saja yang harus kalian persiapkan untuk interview, pertanyaan apa saja yang akan ada dalam interview, seperti apakah orang yang akan menginterview dirimu, hingga pakaian apa yang akan kamu kenakan pada saat interview nanti. Selain mencari informasi sebanyak mungkin mengenai perusahaan yang akan menginterview dirimu, kamu juga perlu memperhatikan busana atau pakaian yang kamu kenakan karena gaya berpakaian bisa menampilkan karakter seseorang. Oleh karena itu, jangan sampai kamu ‘salah kostum’ saat interview dengan lima tips berikut.

tips-saat-melamar-kerja

  1. Hindari pakaian dengan gaya kasual

Hindarilah pakaian dengan gaya kasual seperti menggunakan kaos dan jeans sebagai outfit interview. Sesuaikan pakaianmu dengan background jabatan dan perusahaan tempatmu melamar. Jika perusahaan tersebut bukan bergerak di bidang industri kreatif, gunakanlah pakaian formal seperti kemeja atau blouse dengan bawahan rok pensil ataupun rok A-Line. Jika kamu belum memiliki rok formal untuk interview, MatahariMall menjual berbagai macam rok yang sesuai dengan tren rok mini wanita masa kini dengan harga bersahabat.

 

  1. Gunakanlah pakaian yang sopan dan rapi

Pakaian yang rapi dan sopan akan membangun kesan pertama yang baik untukmu di mata perusahaan. Jangan kenakan pakaian yang terlalu terbuka ataupun pakaian yang terlalu ketat. pilihlah kemeja dengan ukuran yang pas, tidak terlalu longgar dan tidak terlalu membentuk lekuk tubuhmu.

 

  1. Pilihlah warna yang tepat

Pemilihan warna outfitmu sangat penting untuk dilakukan dengan penuh pertimbangan karena setiap warna memiliki makna dan arti yang berbeda. Pakaian berwarna merah menyala akan memberikan kesan menantang. Oleh karena itu gunakanlah pakaian dengan warna-warna natural seperti hitam, cokelat, dan abu-abu.

 

  1. Jangan gunakan aksesoris yang berlebihan

Gunakanlah aksesoris sesederhana mungkin karena penggunaan aksesoris yang berlebih akan dapat menimbulkan kesan yang tidak baik terhadap dirimu. Selain itu, aksesoris yang berlebihan dapat mengalihkan fokus pewawancara dari dirimu. Gunakanlah jam tangan yang simpel dan formal sebagai aksesorismu untuk menunjang penampilanmu agar terlihat lebih profesional.

 

  1. Sesuaikan dengan suasana kantor

Kamu bisa menyesuaikan outfitmu dengan suasana kantor tempatmu interview. Jika perusahaan tersebut bergerak di bidang industri kreatif, kamu bisa memadukan blouse atau kemeja dengan bawahan jeans dan sepatu flat shoes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *