5 Manfaat Susu Untuk Ibu Hamil

By | 8 December 2016

Saat hamil, janin dalam kandungan ibu membutuhkan nutrisi lebih. Oleh karena itu ibu hamil harus meminum susu khusus ibu hamil untuk menambah gizi janin yang dikandungnya. Susu hamil mudah didapat di minimarket maupun supermarket yang ada di sekitar kita. Merek susu hamil pun beragam, salah satunya adalah lactamil. Minum susu hamil lactamil bermanfaat pada tahapan awal kehidupan janin di dalam kandungan. Di dalam susu terdapat kalsium, protein dan juga vitamin yang dibutuhkan oleh janin. Selain itu juga terdapat asam folat, DHA, AA dan komposisi lain yang memang diperlukan oleh ibu hamil dan janin.

ibu-hamil

Sebenarnya apa saja manfaat susu bagi ibu hamil?

1. Susu mengandung kalsium yang dibutuhkan untuk pembentukan tulang

Sebagian besar orang sudah mengetahui bahwa susu mengandung banyak kalsium dan kalsium sangat dibutuhkan oleh janin. Semakin banyak kalsium yang didapat oleh janin, semakin mengurangi bayi mengalami osteoporosis. Kalsium juga berguna untuk mempersiapkan air susu ibu (ASI), dan membantu proses pembekuan darah. Perlu diketahui bahwa kebutuhan kalsium dalam sehari adalah 1000 mg.

2. Susu mengandung protein yang diperlukan untuk membentuk antibodi.

Kalsium dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu proses pembentukan darah, plasenta dan juga cairan ketuban. Protein juga digunakan untuk membentuk jaringan tubuh seperti tulang, mata, kulit, jantung dan juga otot. Perlu anda ketahui bahwa kebutuhan kalsium dalam satu hari adalah 60 gram.

3. Susu mengandung vitamin D untuk mencegah rakhitis

Rakhitis merupakan penyakit yang timbul akibat melemahnya tulang. Tulang akan melemah jika kurang mendapat asupan vitamin D. Dengan rajin meminum susu hamil setiap hari, akan membantu bayi terhindar dari penyakit rakhitis. Vitamin D juga berfungsi untuk membantu menyerap kalsium dalam darah.

 

Ternyata mengkonsumsi susu hamil tidak hanya baik untuk perkembangan janin dalam kandungan saja, tapi juga bermanfaat untuk kondisi tubuhnya di masa depan. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa ibu hamil yang rajin mengkonsumsi susu hamil, si kecil berpeluang lebih besar untuk memiliki badna yang lebih tinggi dibandingkan dengan ibu yang jarang mengkonsumsi susu hamil.

 

Dalam waktu satu hari, ibu hamil dianjurkan minum susu hamil sebanyak tiga gelas, hal ini agar nutrisi janin benar-benar dipenuhi dengan baik.  Selain mengkonsumsi susu, ibu hamil juga harus mengkonsumsi makanan sehat untuk menjaga kesehatan janin. Semoga informasi ini berguna bagi Anda yang ingin mengetahui manfaat susu ibu hamil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *