5 Jurus Ampuh Mengatasi Dengung di Pesawat Terbang

By | 10 March 2017

Kamu pernah merasakan telinga berdengung saat berada di dalam pesawat? Jika iya, mungkin kamu bisa menerapkan tips kali ini agar kamu bisa menghilangkan dengung di telinga.

  1. Minum air

Cara pertama ini dimulai dari cara yang paling mudah. Kamu bisa meminum air dan teguklah dalam jumlah yang banyak.

Gerakan menelan dalam jumlah yang banyak bisa membantu kamu menghilangkan tekanan dalam telinga.

 

  1. Mengunyah

Tips kali ini pasti sudah sering kamu dengar. Yap, mengunyah adalah hal yang mudah dan bermanfaat untuk menghilangkan dengung. Alasannya, karena saat mengunyah saluran eustachius otomatis membuka dan menutup.

Lalu, air liur yang ditelan dari hasil kunyahan dapat menghilangkan dengung di telinga. Kamu bisa mengunyah permen karet saat berada di dalam pesawat.

 

  1. Menguap

Jika kedua tips di atas masih belum berhasil, mungkin kamu bisa membuat gerakan menguap. Gerakan menguap bisa kamu lakukan beberapa kali secara berurutan agar dengung di telinga kamu cepat menghilang.

 

  1. Tutup Hidung dan Mulut

Jika masih terasa dengung, cara ini bisa kamu terapkan.

Caranya tutup hidung dan mulut secara bersamaan, lalu tahan beberapa saat, setelahnya embuskan napas melalui hidung perlahan.

Jika cara ini berhasil, maka tekanan udara di telinga akan terasa keluar. Jika kamu penderita penyakit jantung, tidak disarankan untuk melakukan hal ini.

 

  1. Pakai Obat Tetes Hidung

Jika kamu sedang flu, maka kamu akan sangat rentan merasakan telinga berdengung saat naik pesawat. Maka dari itu, untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa menggunakan obat tetes hidung sebelum naik pesawat.

 

Tak hanya bisa diatasi dengan obat tetes hidung, Anda juga bisa mengkonsumsi obat oral yang berguna untuk mengatasi hidung tersumbat. Jika pesawat mengudara lebih dari 8 jam, maka metode tersebut bisa Anda ulangi di dalam pesawat. cara tersebut berguna untuk mencegah penyumbatan hidung dan membuka saluran tuba.

 

Penyebab Telinga Berdengung

Bagi kamu yang bingung kenapa telinga bisa sakit saat naik pesawat. Kamu bisa cek ulasan singkat ini:

Keadaan ketika telinga berdengung saat naik pesawat biasanya disebut oklusi tuba.

Oklusi Tuba adalah suatu kondisi ketika ada penyumbatan pada area saluran tuba yang ada di telinga.

Tuba eustachius atau eusthacian tuba merupakan sebuah saluran yang dimulai dari telinga tengah dan berakhir di belakang hidung atau di area pangkal tenggorok.

Saluran tersebut memiliki fungsi menyeimbangkan tekanan udara yang ada di dalam telinga tengah dan udara di luar telinga.

Saat terjadi perbedaan tekanan, saluran akan terbuka dan membiarkan udara masuk agar tekanan antara udara luar dan dalam menjadi seimbang. Kondisi kurang menyenangkan ini biasanya dialami saat naik pesawat.

Ketika pesawat dalam kondisi naik turun di udara, terkadang telinga akan terasa buntu atau penuh dan terkadang pendengaran menjadi berkurang.

Kondisi ini terjadi karena adanya perbedaan tekanan seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Tak hanya harus tahu cara menghindari telinga yang berdengung saat berada di dalam pesawat, tapi kamu sebaiknya juga tahu promo tiket murah, agar liburan kamu semakin menyenangkan.

Salah satu online travel agent yang menawarkan harga tiket promo adalah reservasi.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *