10 Open Source LMS Gratis

Photo by Scott Graham on Unsplash

LMS merupakan singkatan dari Learning Management System. LMS digunakan untuk pembelajaran elektronik (elearning). Dalam masa pandemi virus corona ini banyak kampus / universitas yang sudah menggunakan LMS sehingga walaupun mahasiswa tidak ke kampus, mereka tetap bisa belajar dari rumah.

Dengan adanya LMS berbasis web ini, dosen bisa mengupload materi, memberikan tugas, membuat forum diskusi, memberikan informasi perkuliahan untuk mahasiswa. LMS juga bisa digunakan oleh perusahaan untuk memberikan online training kepada karyawan mereka.

Ada beberapa LMS yang bisa Anda dapatkan secara gratis dengan lisensi open source nya. Walaupun gratis, bukan berarti tidak bagus. Fitur yang diberikan oleh LMS gratisan ini sudah cukup komplit dan bisa digunakan untuk proses pembelajaran.

10 LMS Gratis

Berikut ini adalah 10 LMS gratis yang bisa Anda gunakan

Itulah 10 software LMS gratis yang bisa Anda gunakan untuk membuat elearning. Secara umum cara menggunakannya adalah mendownload file, upload ke hosting, setting dan gunakan.

Dari 10 software itu saya baru mencoba moodle dan atutor saja. Moodle memang menjadi primadona untuk pembuatan LMS di Indonesia. Beberapa kampus yang sudah memiliki LMS kebanyakan menggunakan moodle.

Untuk contoh LMS moodle yang pernah saya buat, anda bisa lihat di http://elearning.primasolusi.info. Web itu saya gunakan untuk pelatihan online berbayar dan untuk mengikutinya, peserta bisa mendaftar di http://primasolusi.info

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *